Terkait Covid-19, Wapres RI: Tunggu Saja Kebijakan Arab Saudi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Maraknya virus corona (Covid-19) harus membuat pemerintah Arab Saudi untuk menghentikan sementara jamaah umroh dengan alasan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di negerinya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin meminta masyarakat memaklumi kebijakan yang diterapkan negeri Arab Saudi.

“Harap maklum, kita tunggu kebijakan lain pemerintah Ara Saudi,” katanya saat melakukan Kunker ke UIN Suska Riau, Jum’at (6/3/2020).

Dikatakan Ma’ruf Amin, pemberhentian umroh ini bukan hanya dari Indonesia saja. Namun negara lain juga mengalami hal yang sama. Terlebih lagi jamaah umroh lokal pun juga tidak diperbolehkan melaksanakan ibadah umroh.

“Ini artinya memang mereka sudah sangat masif untuk mencegah penyebaran virus tersebut, jadi kita juga harus maklumi pertimbangan mereka,” terang Wapres.

Ditanya sejauh apa persiapan untuk keberangkatan jemaah haji Indonesia, Ma’ruf Amin menjawab masih berjalan normal seperti biasa.

Namun terhadap situasi yang akan terjadi kedepan, pemerintah masih akan memantau kebijakan lanjutan dari Pemerintah Arab Saudi.

“Kita lihat dulu bagaimana kedepannya. Kalau memang ada keputusan lain dari Pemerintah Saudi, tentu akan lain pula sikap yang akan kita ambil,” terangnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Pemerintah Saudi masih memberlakukan kebijakan penangguhan jemaah umroh sampai batas waktu yang ditentukan. (mcr)

  • Bagikan