Virus Corona Belum Tentu Pengaruhi Jadwal Pelaksanaan Ibadah Haji

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Pemerintah Arab Saudi sudah menghentikan ibadah umrah untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Bagaimana dengan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin saat ditanya wartawan soal ibadah haji dihentikan atau tidak, mengingat ibadah umrah sudah dihentikan Arab Saudi, Jumat (6/2/2020) di kampus UIN Suska Riau, Pekanbaru.

“Belum Tahu. Ibadah haji persiapan masih normal, tapi kita akan lihat pada saatnya. Kalau memang menjadi bahaya dan tidak aman (bagi jemaah), tentu keputusannya akan lain. Tapi sampai saat ini belum ada perubahan (persiapan penyelenggaraan ibadah haji),” ujarnya.

Sedangkan untuk ibadah umrah, sebut Wapres, pemerintah menginginkan umrah bisa dilaksanakan. Hanya saja pemerintah Arab Saudi punya kebijakan lain.

“Sebenarkan kita ingin umrah itu tetap bisa. Tapi mereka (Arab Saudi) punya pertimbangan untuk menyelamatkan jemaah, karena sudah ada yang terjangkit Corona,” ungkapnym

“Yang saya dengar tidak hanya umrah luar negeri, dari lokal sendiri (Arab Saudi) juga (ditiadakan) karena untuk menghindari penularan. Saya kira kita bisa maklumi lah ketika samakin lama Corona semakin berkembang,” tutupnya. (mcr)

  • Bagikan