Angkat Sejarah Kota Bagansiapiapi, Genpi Rohil Siap Gelar Festival Lomba Buka Kerang Sebelah Tangan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, BAGANSIAPIAPI – Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kabupaten Rokan Hilir akan menggelar Festival Kenduri Kerang. Selain memperebutkan hadiah Jutaan Rupiah dan Tropi bagi para pemenang, festival ini juga salah satu upaya untuk mengangkat daya beli kerang di Negeri Seribu Kubah yang saat ini tengah anjlok.

Demikian hal ini disampaikan Ketua Harian Genpi Rohil sekaligus Ketua Panitia Festival Kenduri Kerang Muhammad Syah Padri ST kepada Metro Riau, Senin (24/9/2018) di Bagansiapiapi. Ia mengatakan, kerang merupakan salah satu icon Rohil, dimana dulunya Kota Bagansiapiapi pernah mendapatkan predikat sebagai daerah penghasil potensi kekayaan laut ikan nomor dua dunia setelah Norwegia.

“Insyaallah kita akan melaksanakan Festival Kenduri Kerang pada tanggal 30 September 2018 yang nantinya dipusatkan di Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera), Jalan Pulau Baru, Bagansiapiapi,” ujarnya.

Selain mengadakan lomba kupas kerang, pihaknya juga membuka bazar untuk menampilkan berbagai produk unggulan, dan pentas kesenian. “Festival Kenduri Kerang dilaksanakan pukul 11.00 WIB yang nantinya langsung dibuka oleh Bupati Rohil H Suyatno AMp. Kemudian untuk lomba kupas kerang dilaksanakan pada pukul 14.00 WI. Malamnya dilanjutkan pentas kesenian,” terang Syah Padri.

Untuk jumlah peserta, katanya lagi, sebanyak 300 orang dengan rincian, 200 peserta dari Kab Rohil dan 100 peserta lagi berasal dari luar Rohil. Untuk peserta dari Rohil itu, pertandingan mengupas kerang menggunakan satu tangan, sementara dari luar Rohil menggunakan dua tangan. “Untuk pertandingan panitia menyiapkan 30 butir tiap-tiap peserta dengan waktu kupas selama 2 Menit,” ucapnya sembari menyebutkan pihak panitia akan menyiapkan kerang sebanyak 1,5 Ton.

“Untuk juri perlombaan itu kita datangkan dari Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Untuk Hadiah juara Pertama akan diberikan uang tunai sebesar Rp1,5 Juta ditambah tropi, Hadiah kedua Rp1 juta dan Hadiah ketiga Rp750 ribu. Selain itu, Para pelaku usaha tambak kerang nantinya juga diberikan penghargaan sebagai ucapan terima kasih karena sudah ikut mengembangkan dan menjaga hasil andalan Rohil,” terangnya.

Untuk undangan diperkirakan sekitar 1.500 orang. Dimana Tribune yang pertama akan diisi oleh Pemkab Rohil dan Forkopimda. Dan tribune kedua akan diisi oleh masyarakat lokal. “Kita menghimbau masyarakat Rohil untuk datang meramai-ramai untuk menyukseskan Festival Kenduri Kerang tersebut,” ajaknya sembari mengatakan untuk pendaftaran lomba kupas kerang tidak dipungut biaya alias gratis.

Penulis : Jum.

  • Bagikan