Dinas Pariwisata Provinsi Riau Buka Pelatihan di Rohil

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, BAGANSIAPIAPI – Sebanyak 250 pegiat wisata Kabupaten Rokan Hilir mengikuti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Riau di Gedung Misran Rais Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Senin (30/4/2018).

“Kita memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Riau yang telah mengalokasikan kegiatan pelatihan bagi pegiat wisata yang ada di negeri julukan ‘Seribu Kubah’ ini,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Rohil Surya Arfan usai menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Pelatihan itu, katanya, langkah positif dalam rangka untuk terus mengembangkan objek wisata di Kabupaten Rokan Hilir.

“Bicara mengenai pariwisata memang harus dipikirkan dan dilaksanakan secara bersama-sama, baik pariwisata yang ada di kabupaten/kota maupun di Provinsi Riau itu sendiri. Alhamdulillah hari ini Dinas Pariwisata Riau telah melaksanakannya,” kata dia.

Ia juga mengapresiasi kepada sembilan kelompok sadar wisata yang ada di sejumlah kecamatan di Rokan Hilir, seperti wisata Pulau Tilan di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih dan Danau Napangga di Kecamatan Tanjung Medan.

“Ini merupakan pion-pion kita dalam rangka untuk mengembangkan semua potensi wisata yang ada di daerah ini. Kalau ini bergerak semuanya tentunya sangat luar biasa. Mudah-mudahan dengan langkah awal ini kita terus mengembangkan objek wisata yang ada, apalagi Bakar Tongkang sebagai wisata nasional dan sudah terdaftar di Kementerian Pariwisata RI, tentunya diharapkan objek wisata lainnya juga dapat dikembangkan,” tutur Surya Arfan.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Riau Yunisma mengatakan peserta pelatihan itu, antara lain dari kalangan kelompok sadar wisata, pelaku pariwisata, pengusaha rumah makan, siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan akademisi jurusan kepariwisataan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan pegiat wisata Rohil bisa meningkatkan SDM mereka. Dan diharapkan wisatawan yang datang ke Rohil ini nyaman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, serta ada kenangan mereka datang ke sini,” katanya. (Jum)

  • Bagikan