Banjir di Sungai Kaiti, Sempat Rusak Jembatan dan Genangi Rumah Warga 

  • Bagikan
Banjir akibat luapan Sungai Kaiti di Desa RTB, Kecamatan Rambah, sempat membuat ujung jembatan rusak dikikis air yang meluap.

RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Dampak tingginya curah hujan sejak dua pekan terakhir, mengakibatkan meluapnya sungai sehingga merendam rumah warga dan sempat merusak pangkal jembatan.

Bahkan akibat hujan deras ,sungai Kaiti yang berada di Desa Rambah Tengah Barat (RTB) Kecamatan Rambah, sempat meluap pada Jumat (20/11/200) sekitar pukul 01.00 dinihari.

Sungai yang meluap ini merupakan sungai Kaiti yang mengalir dari Hulu Desa RTB bermuara langsung ke aliran ke Sungai Batang Lubuh, sehingga dari luapan aliran sungai ini merendam rumah warga di beberapa dusun di Kecamatan Rambah, seperti Dusun Lubuk Bandung Hilir Desa Koto Tinggi, Dusun Tanjung Harapan Kelurahan Pasir Pengaraian dan beberapa Dusun lainnya yang ada di Desa RTB dan Desa Sialang Jaya di Dusun Harapan.

Seorang warga Dusun Lubuk Bandung Hilir, Hardi yang juga rumahnya terendam banjir akibat luapan sungai Kaiti mengakui, hal itu merupakan suatu hal yang biasa dialami setiap tahunnya saat curah hujan tinggi, dan banjir terjadi tidak berlangsung lama.

Banjir juga sempat menyapu bagian ujung jembatan Kaiti menghubungkan kantor Desa RTB. Air banjir dengan arus besar dan deras, juga sempat membawa sampah dari hulu sungai sehingga menyumbat jembatan.

Pada Jumat siang, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton yang dapat informasi ada jembatan bagian ujungnya rusak akkbat terbawa banjir, segera menurunkan perosnel dan alat berat segera lakukan perbaikan. Sehingga jembatan kini sudah bisa dilintasi lagi.

Tiga Sungai Besar di Rohul Airnya Naik.

Sejak hujan deras guyur wilayah Rohul, Sungai Batang Lubuh juga kini airnya sudah naik. Termasuk dari informasi masyarakat, baik sungai besar  seperti Sungai Rokan dan Sungai Batang Sosa. Namun banjir belum terjadi, tapi bila beberapa hari kedepan ini hujan menguyur di wilayah hulu sungai, maka bisa diperkirakan air dari 3 sungai besar di Rohul akan meluap

Seperti pengakuan Eman warga tepian sungai Batang Lubuh menyatakan, bila hujan turun secara terus menerus terjadi di kawasab hulu sungai, maka banjir akan terjadi.

“Apalagi biasanya di bulan Desember, curah hujan tinggi dan sering terjadi banjir, karena meluapnya air sungai di Rohul ini,” sebut Eman.”***(Hsb).

  • Bagikan