Bupati Rohul buka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Juru Hitung Kuantitas

  • Bagikan
Bupati buka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Juru Hitung Kuantitas.Bupati buka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Juru Hitung Kuantitas.

RIAUDETIL.COM, ROHUL – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rokan Hulu (Rohul), kembali laksanakan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi bagi 72 peserta Sub Bidang Juru Hitung Kuantitas di Rohul.

Sesuai kebutuhan juru hitung kuantitas yang memiliki Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT), sehingga pihak Dinas PUPR kembali laksanakan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Juru Hitung Kuantitas.

Kegiatan yang digelar di Hall Islamic Center Rohul, dibuka Bupati Rohul H.Sukiman, hadir Asisten II M.Ruslan, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Dinas PUPRPKP Riau Bidang Bina Jasa Konstruksi, Dekan Teknik Sipil UPP, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul, dan Kadis PUPR Rohul Anton ST.MM.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini l. bersinergi dengan amanat tertuang dalam UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Pesertanya mencakup kaur perencanaan perwakilan dari desa tiap kecamatan di Kabupaten Rohul yang belum memiliki sertifikat Keterampilan Kerja Sub Bidang Juru Hitung Kuantitas,” jelas Anton.

Di tahap awal sebut Anton, telah diselenggarakan di Kecamatan Rambah Samo, Kecamatan Tandun, dan Kecamatan Kunto Darussalam.

Anton berharap, bagi peserta yang sudah mengikuti Pembekalan dan UJi Sertifikasi akan memiliki kemampuan dan standarisasi sebagai juru hitung kuantitas berkompeten, yang dinyatakan dengan Sertifikat Keterampilan Teknis (SKT), sehingga pembangunan yang dilaksanakan terutama melalui dana ADD dapat dilaksanakan sesuai peraturan dan standarisasi berlaku,” harap Anton.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Nur Dhiany Dewi Utami. ST mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dimulai pada Selasa 9 hingga Rabu 10 November 2021. Dinas PUPR Rohul bekerjasama dengan Balai Jasa konstruksi Wilayah I Banda Aceh dan bertindak sebagai Tim Penguji atau asesor adalah TIM SIKI LPJK Kementerian PUPR.

Bupati Sukiman dalam amanatnya mengatakan, Pemkab Rohul menyambut baik terlaksananya pembekalan dan uji sertifikasi juru hitung kuantitas, bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh. Kegiatan diharapkan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan kualitas pembangunan daerah di masa yang akan datang.

“Saat ini tak bisa dielakkan lagi, bahwa realitas dari globalisasi membawa implikasi bagi pengembangan SDM yang ada, begitu juga SDM konstruksi, karena salah satu tuntutan masa kini. Yakni kemampuan agar selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi yang dibuktikan dengan sebuah sertifikasi,” kata Bupati Sukiman.

Bupati menambahkan, sehingga kegiatan sertifikasi sangat penting peranannya untuk mencetak tenaga kerja berkualitas agar pembangunan infrastruktur di Rohul dapat berjalan lancar, sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku.

“Saya berharap kepada seluruh peserta Pembekalan dan Uji Sertifikasi Juru Hitung Kuantitas, agar dapat mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat ini dengan sebaik-baiknya. Karena sertifikasi bagi juru hitung kuantitas diwajibkan UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi,” imbau Bupati Sukiman.”***(Hsb).

  • Bagikan