281 Warga Binaan Lapas Kelas II Siak Mendapat Remisi

  • Bagikan

RIAUDETIl.COM, SIAK – Sebanyak 281 orang warga binaan penghuni Lapas kelas II Siak mendapatkan remisi pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 73 dan 2 orang diantaranya langsung mendapat kebebasan.

Pemberian remisi itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Siak Syamsuar usai melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih di Lapangan Tugu Siak didepan istana siak, Kota Siak Sri Indrapura, Jumat (17/8/2018).

Kedatangan Bupati Syamsuar beserta rombongan disambut dengan tarian persembahan oleh 6 orang wanita warga binaan Rutan kelas II Siak.

Remisi tersebut diberikan kepada tahanan yang telah berkelakuan baik selama di rutan, dan potongan masa tahanan atau remisi yang diberikan saat ini paling banyak adalah 1 tahun sampai 1 bulan.

Ketika menyampaikan kata sambutannya, Kepala Rutan, Criston menceritakan kondisi lapas saat ini sudah melebihi kuota, Rutan Siak yang seharusnya memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 128 orang namun saat ini kondisinya sudah melebihi kapasitas dengan jumlah penghuni yang mencapai 590 orang.

“Sekarang ini penghuni lapas sudah empat kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jumlah daya tampung yang tersedia. Namun saat ini, Pemkab Siak telah menhibah lahan seluas 5.000 Meter kepada Kanwil Menkum HAM Riau untuk mendirikan rumah tahanan baru yang berlokasi di Kecamatan Mempura, Siak, “kata Kepala Rutan Siak Criston.

Dengan diberikannya lahan tersebut, Kepala Rutan Siak menyambut dengan baik, karena pihaknya benar-benar membutuhkan lokasi baru untuk menampung kelebihan kapasitas tahanan yang mencapai 360% di Rutan Siak tersebut.

“Kita berterima kasih sekali atas hibah tanah yang telah diberikan oleh Pemkab Siak, sebenarnya kita sudah mengusulkan ke pusat yakni Kemenkum HAM supaya di 2019 kita mendapatkan anggaran untuk pembangunan rutan yang baru karena kondisi ini sudah sangat kurang layak, sehingga kita berharap pada tahun 2019 ini sudah dapat dibangun yang baru,”sebut Criston.

Bupati Siak mengaku terkesan dengan tari persembahan yang dibawakan warga binaan, “sudah lama saya menjadi bupati Siak, 7 tahun dan baru sekali ini saya disambut dengan tari persembahan yang dibawakan oleh warga binaan dan pelatihnya juga dari warga binaan,” ungkap Syamsuar, Bupati Siak. (Syarifah)

  • Bagikan