Forikan Siak Taja Pelatihan Pengolahan Menu Berbahan Dasar Ikan

  • Bagikan

pelatihan-mengolah-ikan-menjadi-menu-forikan

RIAU DETIL.COM,SIAK – Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Siak  bekerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako (BSP) menggelar sosialisasi dan pelatihan pengolahan menu balita dan menu kudapan berbahan dasar ikan tempatan se Kabupaten Siak di “Kampung Sakinah”, Kamis (22/10/2016).

Kampung Sakinah yang menjadi target sosialisasi dan pelatihan ini dibagi atas 4 rayon, yakni rayon pertama di Kecamatan Pusako, Sabak Auh, Sungai Apit, Bungaraya dilaksanakan di Kecamatan Pusako. Lalu rayon kedua di Kecamatan Mempura, Siak dan Dayun, rayon ketiga di Lubuk dalam, Kerinci kanan, Koto Gasib, dan rayon keempat di Kecamatan Minas, Kandis, Sungai Mandau, dan Tualang.

Dalam sambutannya Ketua Forikan Siak Ny Rasidah Alfedri mengatakan kegiatan ini diadakan setiap tahun. Pihaknya, kata Ny Rasidah, tidak bosan-bosannya untuk mensosialisasikan kegiatan gemar makan ikan ini, tujuannya agar lebih berinovasi atau menghasilkan ide untuk menciptakan makanan berbahan ikan berdasarkan kreativitas peserta.

“Sehingga dapat memberikan variasi olahan ikan yang beragam dan dapat meningkatkan minat keluarga untuk mengonsumsi ikan sebagai menu sehari-hari,” katanya.

Terutama untuk anak-anak, apabila disuguhkan masakan ikan goreng, pindang,gulai ikan dan asam pedas mungkin mereka kurang berselera. Tetapi apabila ikan dimasak secara bervariasi bisa menarik minat bagi anak-anak untuk mengkonsumsinya.

Tujuan akhir dari sosialisasi ini, lanjutnya, pihaknya berharap anak-anak yang gemar makan ikan ini menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, cerdas dan kuat. Karena untuk sehat, cerdas dan juga kuat itu diperlukan gizi yang bagus. Gizi yang bagus itu salah satunya terdapat pada ikan, karena ikan merupakan protein yang mudah dicerna dan mengandung lemak tak jenuh juga mengandung omega 3 yang sangat berperan untuk kesehatan, kecerdasan dan daya tahan tubuh.

“Oleh karena itulah kita Forikan Kabupaten Siak bekerjasama dengan PT BSP selalu mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan ini di tengah masyarakat,” tuturnya.

Ny Rasidah berharap ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya dari awal sampai akhir nanti dan apa yang didapat dari pelatihan ini kiranya dapat disampaikan kembali ke ibu-ibu di kecamatan masing-masing.

“Sehingga dengan demikian secara tidak langsung ibu-ibu juga ikut membantu mensosialisasikan gemar makan ikan. Karena untuk suatu yang besar harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu begiu juga halnya dengan gemar makan ikan harus kita mulai dari keluarga karena keluarga merupakan komponen terkecil di dalam masyarakat,” pungkas beliau.

Di akhir sambutannya, Ketua Forikan Kabupaten Siak ini juga menyampaikan bahwa untuk lomba di Tingkat Provinsi pada bulan September lalu, Kabupaten Siak meraih juara dan mewakili Provinsi Riau untuk mengikuti Lomba Masak Berbahan Serba Ikan Tingkat Nasional di Jakarta untuk menu keluarga pada bulan November mendatang. Beliau memohon doanya agar Forikan Siak memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Siak dan Provinsi Riau. (KRN 16/RDC)

  • Bagikan