Lepas Prakerin SMKN 1, Ini Pesan Asisten II Setda Siak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM , SIAK – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak, Syafrilenti, melepas 89 pelajar SMK Negeri 1 Siak (KELOMPOK PARIWISATA) yang mengikuti praktik kerja industri (PRAKERIN) Angkatan ke -3 di sejumlah dinas, BUMD dan perusahaan yang ada di Riau. Bertempat di TK PEMDA Kabupaten Siak, Jumat (6/1/2017).

Acara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Kadri Yafis, Kepala SMKN 1 Siak Diana, Ketua Komite Sekolah SMK N 1 Siak Khairul Anwar, Kepela UPTD Kecamatan Siak Pane, Pimpinan Dunia Usaha dan dunia Industri serta puluhan Siswa/i yang akan mengikuti Prakerin.

Dalam kesempatan itu Syafrilenti berpesan kepada pelajar untuk dapat menjaga nama baik sekolah dan daerah selama menjalankan program magang.

“Nanti masuk dalam kondisi yang sebenarnya harus pandai membawa diri, jaga nama baik sekolah dan daerah kita. belajar dengan baik, sedot ilmunya agar kalian semua bisa berkembang dan dapat mengembangkan diri ” ungkapnya.

Saat memberikan sambutan, Asisten II Setda Kabupaten Siak mengatakan, Untuk Saat ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pilihan utama, jangan ada anggapan bagi anak- anak semua bahwa SMK ini menjadi pilihan dari pada tidak sekolah. Karena dalam dunia kerja sekarang ini, keahlian khusus memang dibutuhkan.

Dikatakannya juga, tuntutan pendidikan kejuruan ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga terampil dengan keahlian tertentu sesuai dengan program keahlian yang dikembangkan di sekolah, untuk masuk dalam dunia usaha dan industri.

“Dan prakerin adalah saat yang tepat untuk melatih diri menuju sebuah prestasi dan keberhasilan dalam mencapai sebuah target kesuksesan. Siswa/Siswi yang mengikuti Prakerin harus berbangga dan mempersiapkan diri untuk masuk ke dalam dunia usaha dan industri nanti.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Siak Diana menerangkan, Untuk Prekerin tahun ini terdiri dari 4 jurusan dengan jumlah siswa/i 89 orang yang terdiri dari Jurusan Akomodasi Perhotelan 20 orang, Jurusan Usaha Perjalanan Wisata 21 orang, Jurusan Patiseri 11 orang, dan Jurusan Busana Butik 37 orang. Adapun tempat siswa/siswi praktik kerja industri terdapat di 31 titik di dua daerah yakni di Siak dan Pekanbaru.

“Secara umum PRAKERIN bertujuan untuk membentuk profesionalitas calon tenaga kerja. Profesionalitas tenaga kerja mencakup tiga kompetensi, yaitu kompetensi profesional, personal, dan sosial. Ketiga kompetensi tersebut ingin diwujudkan melalui kegiatan PRAKERIN Siswa SMK N 1 Siak” sebutnya.

Ditambahkannya, Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini akan dilaksanakan siswa selama kurang lebih 3 bulan atau 90 hari proses belajar-mengajar. Terhitung mulai tanggal 9 Januari 2017 s/d 10 April 2017, dan dirinya juga mengharapkan kepada para siswa-siswi SMKN 1 Siak yang akan melaksanakan prakerin untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya. Sehingga dengan begitu, ilmu serta keahlian yang didapatkan selama prakerin benar-benar bisa maksimal. (Syarifah/KRN/rdc)

  • Bagikan