Riau Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2017

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM , SIAK – Dampak dari Kebakaran Hutan dan Lahan yang pernah terjadi pada beberapa tahun yang lalu, dapat dijadikan sebagai pelajaran agar hal tersebut tidak terjadi.

Selain berdampak melumpuhkan perekonomian juga berdampak buruk bagi pencemaran udara hingga ke negara tetangga, untuk itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2017 yang berlaku hari ini selama 96 hari hingga 30 April mendatang.

Hal ini dilaksanakan agar bisa dilakukannya pencegahan sedini mungkin, penetapan ini ditetapkan pada rapat koordinasi penetapan status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan, selasa (24/1/2017) di ruang rapat kantor gubernur riau.

Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh kepala daerah dari berbagai kabupaten kota se Provinsi Riau, termasuk kabupaten siak. Wakil bupati alfedri tampak hadir dalam rapat tersebut.

Untuk ditahun 2017 seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Menkopolhukam pada Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran hutan dan lahan yang digelar di Istana Negara Jakarta, Senin kemarin menyebutkan pantauan untuk musim Elnino nya lebih panjang dan lebih kering, untuk itu harus dilakukan antisipasi lebih awal, dengan salah satu yang dilakukan adalah melaksanakan Sosialisasi dari awal ini untuk mencegah agar tidak membakar hutan dan lahan.

Alfedri menyebutkan perlunya ada pembinaan kepada masyarakat untuk tidak mengolah lahan dengan cara dibakar, serta perlunya koordinasi dengan instansi terkait dengan hal ini,

Selain penyusunan struktur tim satgas, gubenur juga kembali mengaktifkan posko-posko siaga karhutla agar satgas bisa segera mulai tugasnya secara resmi.(KRN)

  • Bagikan