6 Fakta Operasi Ganti Kelamin Seperti Dilakukan Lucinta Luna

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM – Lucinta Luna yang kini diamankan polisi terkait penggunaan narkoba dikabarkan sebelumnya menjalani operasi kelamin. Ia disebut menjalani operasi ganti kelamin di Thailand.

Meski sudah banyak yang yakin ia melakukan operasi ganti kelamin. Namun Lucinta Luna selalu menepis anggapan tersebut. Apa saja sih fakta terkait operasi kelamin?

Berikut fakta operasi kelamin dirangkum detikcom dari beberapa sumber:

1. Masalah kejiwaan

Operasi transgender memiliki risiko seperti masalah kejiwaan dan psikologis. Selain itu, penambahan hormon bagi para transgender, seperti penambahan hormon estrogen pada wanita transgender juga disebut memicu risiko penyakit kanker.

2. Biaya mahal

Biaya yang dikeluarkan untuk operasi kelamin tidak tanggung-tanggung,kabarnya mencapai ratusan juta untuk mengubah jenis kelamin seseorang.

3. Sakit pasca operasi

Pasca operasi bisa menimbulkan efek samping yang menimbulkan rasa sakit selama berbulan-bulan, bahkan menahun.

4. Tidak bisa dikembalikan lagi

Sekalinya kamu melakukan operasi kelamin, kamu tidak bisa mengembalikannya lagi seperti semula. Sesuai atau tidak sesuai, kamu harus bisa menerima hasilnya.

Baca juga: Bedanya Kelamin Ambigu 46,XY dengan Transgender di LGBT

5. Mengalami hematoma

Orang yang melakukan ganti kelamin, baik wanita maupun pria kemungkinan bisa mengalami komplikasi yang disebut hematoma, yaitu kumpulan darah tidak normal yang tumbuh di luar pembuluh darah. Kumpulan darah ini dapat memicu pembengkakan dan bisa terjadi di semua bagian tubuh.

6. Kematian jaringan pada alat kelamin

Risiko ini bisa terjadi baik laki-laki yang ingin jadi perempuan maupun perempuan yang ingin jadi laki-laki. Karena terlalu banyak tahapan yang harus dilewati saat transgender.***(detik.com)

  • Bagikan