Jubirnya Positif Corona, Wapres AS Lakukan Isolasi Mandiri

  • Bagikan
Mike Pence (dok. REUTERS/Bay Ismoyo)

RIAUDETIL.COM – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence menjalani isolasi mandiri setelah juru bicaranya, Katie Miller, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Meskipun berulang kali dinyatakan negatif virus Corona, Pence berupaya menjaga jarak dari orang lain sebagai langkah antisipasi.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (11/5/2020), seorang pejabat pemerintahan AS menyatakan bahwa Pence secara sukarela menjaga jarak dari orang lain, yang sejalan dengan panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Disebutkan bahwa setelah terpapar jubirnya yang positif virus Corona, Pence telah menjalani tes Corona setiap dan hasilnya selalu negatif. Kendati demikian, Pence berusaha mematuhi saran-saran yang diberikan para pejabat kesehatan AS.

“Wakil Presiden Pence akan terus mematuhi saran dari Unit Medis Gedung Putih dan tidak dalam karantina,” sebut juru bicara Pence lainnya, Devin O’Malley.

“Selain itu, Wakil Presiden Pence telah dites dan dinyatakan negatif setiap hari dan berencana ada di Gedung Putih besok,” imbuhnya, pada Minggu (10/5) waktu setempat.

Pence diketahui berada di kediamannya sejak kembali ke Washington, usai melakukan kunjungan ke Iowa pada Jumat (7/5) lalu. Disebutkan bahwa Pence mendapat kabar soal jubirnya yang positif virus Corona sesaat setelah terbang ke Iowa. Pence tidak ikut hadir dalam rapat yang digelar Presiden AS Donald Trump dengan jajaran pejabat tinggi militer AS di Gedung Putih pada Sabtu (8/5) waktu setempat.

Seorang pejabat AS awalnya menyatakan Pence berencana bekerja dari rumah, namun belakangan diklarifikasi bahwa Pence akan tetap bekerja di Gedung Putih pada Senin (11/5) waktu setempat. Tidak diketahui secara jelas bagaimana langkah-langkah Pence untuk melakukan isolasi mandiri ini berdampak pada aktivitas publik dan tugasnya sebagai Wapres AS.

Jubir Pence yang dinyatakan positif Corona pada Jumat (7/5) lalu, menjadi staf Gedung Putih kedua yang terinfeksi dalam sepekan. Seorang anggota militer AS yang menjadi ‘personal valet’ untuk Trump dinyatakan positif Corona pada Kamis (6/5) waktu setempat.

Dalam tanggapannya usai dua staf Gedung Putih dinyatakan terinfeksi virus Corona dalam sepekan, Trump menyatakan dirinya ‘tidak khawatir’ soal penyebaran virus Corona di Gedung Putih. Para pejabat Gedung Putih juga menyatakan pihaknya meningkatkan protokol keselamatan di kompleks tersebut.***(detik.com)

  • Bagikan