Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Kesehatan Nasional, Pemkab Inhu Gelar Aksi Bergizi Cegah Stunting

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Dalam Rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Kesehatan Nasional ke 58, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bersama pertamina EP Lirik, Pertamina HE Kampar dan UPTD Puskesmas Lirik lakukan giat aksi bergizi cegah stunting di Wisata Alam (WA) Lirik, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Surat Kementrian Kesehatan RI tentang permohonan dukungan dalam kegiatan gerakan nasional aksi bergizi serentak seluruh Indonesia.

Dimana dalam pencegahan stunting dapat dicegah secara dini dengan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD) yang difokuskan kepada remaja.

Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan dan Kesra Evy Irma Junita SKM, M.Kes mewakili Bupati Inhu menyampaikan derajat kesehatan generasi bangsa dimasa depan ditentukan oleh kesehatan anak usia sekolah dan remaja pada saat ini.

“Untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan agar mereka mampu menghindari diri dari permasalahan berdampak buruk terhadap kesehatan melalui hidup bersih dan sehat,” sambung Evy

Beliau juga menambahkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingkan tablet penambah darah, olahraga/aktifitas fisik dan konsumsi gizi seimbang.

“Kedua meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan gerakan nasional aksi bergizi secara rutin setiap minggu,” ungkapnya.

Dan yang ketiga, meningkatkan kolaborasi lintas sektor pusat dan daerah terkait, dalam rangka penyelenggaraan aksi bergizi di sekolah.

Serangkaian kegiatan kesehatan dilakukan dalam acara tersebut diantaranya senam bersama, mencuci tangan memakai sabun, aksi konsumsi tablet penambah darah secara serentak kepada siswa undangan.

Pelaksanaan Flashmob jingle aksi bergizi nasional, edukasi interaktif dan pemutaran video edukasi serta terakhir pemberian plakat dari seluruh pihak kepada pemerintah daerah kabupaten Inhu.

Dihadiri oleh Sekretaris Dinkes (Dinkes) Marliati Armaini S.Sos, pihak Pertamina Relation zona I field Lirik dan Kampar Dr. Akmal, Camat Lirik Zainuddin S.Sos, Unsur Forkopimda beserta perwakilan siswa sekolah SMP/SMA Lirik. (man)

  • Bagikan