Bangunan Kantor Disdik Pelalawan Habis Dilalap Si Jago Merah

  • Bagikan
Lokasi kebakaran disdik
Situasi di lokasi kebakaran Disdik Pelalawan.

RIAUDETIL.COM, PANGKALAN KERINCI – Gedung bagian belakang Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan, Sabtu (20/8/2016) malam, habis dilalap si jago merah. Kejadian ini berlangsung sekitar sekitar jam 20.20 WIB di area kantor yang memang berada di dalam Komplek Bhakti Praja Pangkalan Kerinci.

Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo SIk melalui Kasat Reskrim AKP Herman Pelani SH, Minggu (21/8/2016) di Pangkalan Kerinci mengatakan peristiwa terjadi begitu cepat, dimana api dengan mudah menghabiskan bangunan yang terbuat dari dominan bahan kayu. Belum diketahui penyebab kebakaran dan jumlah kerugian ditempat yang banyak dokumen  dan arsip Dinas Pendidikan.

AKP Herman Pelani melanjutkan, Sekretaris Dinas Pendidikan M Zalal SPd sendiri telah membuat laporan tertulis kepada Polres Pelalawan agar melakukan penyelidikan dan penyidikan.

“Kebakaran Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan yang terjadi malam sekira jam 20.20 WIB bertempat di Jl Bhakti Praja Komplek Perkantoran Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, telah masuk laporan polisi. Pelapornya M Zalal SPd sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan, umur 53 th, agama Islam, alamat Desa Langgam, Kabupaten Pelalawan,” ungkap Kasat Reskrim.

Sementara saksi-saksi diantaranya Sufriadi (22) pekerjaan penjaga malam di Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, dengan alamat Desa Tambak Langgam, Kabupaten Pelalawan, dan Marzuki (50) PNS Disdik Pelalawan, dengan alaman Desa Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Dikatakannya, kronologis dari keterangan pelapor peristiwa kebakaran tersebut diketahui pertama kali oleh saksi Sufriadi selaku penjaga kantor. Dimana saksi melihat sekira jam 20.20 WIB, titik api pertama kali terjadi di ruangan gudang arsip/dokumen Disdik Pelalawan.

Ruangan tersebut berada pada bagian belakang sebelah kanan gedung Disdik Pelalawan. Gedung yang terbakar adalah gedung kedua (belakang) dari 2 gedung kantor Disdik Pelalawan. Api tersebut langsung menjalar ke bagian
bagian lain gedung kedua hingga gedung tersebut ludes terbakar.

Namun tidak sampai menjalar ke gedung lain ataupun kantor instansi lainnya yang berdekatan. Karena kesigapan petugas Polri dan Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk memadamkan api tersebut. Hanya saja akibat kebakaran itu, bangunan gedung kedua (belakang) ludes terbakar dan rata dengan tanah, barang-barang inventaris termasuk dokumen sarana pra sarana habis terbakar, tidak ada korban jiwa.

Sejumlah regu pemadam dari Kantor Damkar yang bertugas malam itu mengatakan terkejut dengan adanya api
di Kantor Disdik Pelalawan. “Kami melihat ada cahaya merah dari kantor Disdik. Melihat itu kami bergerak cepat  namun kebakarannya cepat. Bangunan sudah tua dan di dalam kantor banyak kertas yang mudah terbakar.  Beberapa saat awal terjadi kebakaran listrik masih hidup dan ruangan kantor tertutup. Merupakan kendala bagi Tim Damkar untuk masuk,” ujar salah seorang petugas Damkar.

Bupati HM Harris dan Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo sekitar jam 22.00 WIB telah hadir di lokasi Kantor
Dinas Pendidikan. Sedangkan Kadis Pendidikan H Syafruddin MM di luar daerah karena situasi libur weekend. (Fan)

  • Bagikan