Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Tim KUKERTA UNRI Membuat Inovasi Olahan Rambutan Menjadi Selai

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Krisis Ekonomi akibat pandemi Covid-19 mengakibatkan menurunnya perekonomian masyarakat di berbagai sektor salah satunya bisnis dan ekonomi. Salah satu kendalanya yaitu sedikitnya inovasi yang dibuat.

Hal ini menjadi salah satu upaya Mahasiswa KUKERTA UNRI Kampung Besar Seberang, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) membuat inovasi dengan mengolah rambutan menjadi selai.

Tim yang terdiri dari 10 orang Mahasiswa ini, melalui program kerjanya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Mereka juga membagikan selai tersebut kepada masyarakat agar bisa mencoba dirumah.

Kegiatan pembuatan selai rambutan ini berlangsung pada hari Sabtu (21/8/2021) oleh tim KUKERTA di rumah salah satu penduduk setempat, kata Fathimah Septiana.

“Banyaknya buah rambutan saat ini, sangat memungkinkan jika membuat inovasi dari buah rambutan” ungkap Fathimah Septiana salah satu mahasiswa KUKERTA Kampung Besar Seberang, Senin (30/8/2021).

Bahan dasar selai rambutan yang mudah ditemui menjadi pilihan utama tim KUKERTA melakukan inovasi tersebut.

Dijelaskannya, cara pembuatannya yaitu memisahkan daging rambutan dengan bijinya, kemudian daging rambutan dihaluskan dengan blender tanpa air.

“Masak rambutan tersebut hingga air berkurang, lalu tambahkan gula, vanila ekstrak dan kayu manis secukupnya, aduk hingga tekstur seperti selai,” lanjutnya.

Banyaknya manfaat yang terkandung dari rambutan, seperti melancarkan sistem pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

“Dengan adanya pembuatan selai rambutan ini, diharapkan masyarakat mampu mencoba sendiri dengan memanfaatkan rambutan yang ada disekitar daerah tersebut,” tutur Fathimah Septiana

Bahkan bisa menjadi inovasi dalam sektor UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Besar Seberang, tambahnya. (man)

  • Bagikan