Kumham Riau Lakukan Pendampingan Permohonan Kekayaan Intelektual Bagi Pelaku IKM/UKM di Inhu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kanwil Kumham (Hukum dan HAM) Provinsi Riau bekerja sama dengan Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar sosialisasi pentingnya merek dagang bagi pelaku usaha yang melibatkan puluhan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Inhu.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Promosi, Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (22/7/2022) pagi.

“Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha tentang pentingnya pendaftaran merek dagang,” Ujar Achmad Brachmantyo Machmud, selaku Plt. Kadiv Yankum HAM Riau.

Dikatakannya, semakin ketatnya persaingan usaha dan penggunaan teknologi informasi, semakin banyak pula cara dilakukan untuk memajukan usaha, bahkan tidak sedikit ditemukan kecurangan yang terjadi dalam dunia usaha, salah satunya dalam penggunaan merek dagang.

“Untuk itu, diperlukan proteksi akan Hak Kekayaan Intelektual (KI),” sambung Achmad Brachmantyo Machmud.

Sementara itu Plt. Kepala Disperindag, Aldhy Akbar turut mengapreasiasi akan semangat dari peserta IKM yang ingin terus meningkat daya saing produknya melalui KI.

“Diharapkan dengan upaya pendampingan ini dapat meningkatkan pendaftaran kekayaan Intelektual, sehingga merek dagang IKM yang ada di Inhu dapat dilindungi secara hukum,” ungkapnya.

Dijelaskannya, karena fungsi merek tidak hanya sebagai tanda pengenal suatu produk tetapi juga sebagai alat promosi dan jaminan atas mutu barang” harap Plt. Disperindag tersebut.

Kegiatan pendampingan ini juga turut dihadiri oleh Kabid Perindustrian Disperindag Inhu, Suta Rama Atmaja dan Kasub KI Kanwil Riau, M.Farhan Nizar beserta Tim KI. Kegiatan ini ditutup dengan proses fasilitasi merek dagang yang dibantu langsung oleh Tim KI dan Penyuluh Disperindag.

Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat mengurangi kesalahan saat pengajuan usulan permohonan merek dagang kedepannya dan mampu memberi motivasi kepada para pelaku IKM untuk terus meningkatkan daya saingnya. (man)

  • Bagikan