Bupati Sebut Pelayanan Masyarakat Meningkat Selama Irama Desa

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Program Ibu Rezita Menyapa Desa (Irama Desa) kali ini memasuki Kecamatan yang terakhir, Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE beserta rombongan berkunjung ke Kecamatan Batang Cenaku, Sabtu (26/08/2023).

Mengawali kunjungan pagi ini, Rezita Meylani Yopi bertindak sebagai pembina upacara pembukaan jambore ranting 1 Kecamatan Batang Cenaku tahun 2023 di Desa Bukit Lipai sekaligus penyematan tanda peserta putra dan putri jambore oleh pembina upacara.

Dalam amanatnya, Rezita Meylani mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak penyelenggara jambore ranting 1 di Kecamatan Batang Cenaku.

“Semoga kegiatan jambore mulai dari pembukaan hingga penutupan nantinya dapat berjalan aman dan lancar, buat adik-adik dapat melihat dari segi manfaatnya.” ucap Rezita.

Dilanjutkannya, beberapa waktu lalu beliau mendapatkan lencana darma bakti di lapangan utama Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, 13/8/2023 malam.

Penghargaan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan pramuka di kab inhu dan berharap Gerakan Pramuka bisa terus bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Inhu.

“Semoga kegiatan pramuka ini dapat membentuk karakter-karakter anak pramuka yg berprestasi, kompak dan tangguh kedepannya,” harapnya.

Masih di Desa Bukit Lipai, Rezita Meylani dan rombongan berkunjung ke Gedung Serbaguna Desa Bukit Lipai dalam rangka peninjauan sunat massal sebanyak lebih kurang 30 peserta.

Dalam kesempatan ini Bupati Inhu menyapa serta memberikan semangat secara langsung ke anak-anak yang akan mengikuti sunat massal.

Diwaktu bersamaan Rezita Meylani juga meresmikan ruko Bumdes. Beliau juga menyampaikan tujuan dari kegiatan irama desa untuk bersilaturahmi, melihat kondisi ekonomi serta pelayanan yang diberikan pemerintah desa secara langsung kepada masyarakat desa.

Program Irama Desa ini membawa pelayanan publik, sebut Bupati diantaranya Disdukcapil, Disperindag, DPMPTSP, dan Bapenda Inhu. Semenjak program irama desa berlangsung dan pelayanan publik tersedia di 14 kecamatan se inhu.

Peminat atau masyarakat mengurus administrasi kependudukan meningkat sebanyak 343 masyarakat pembuatan KTP dan beliau mengajak kepada masyarakat agar dapat membayar pajak sebagai bentuk tanggungjawab warga negara yang baik.

Indro Suryo Wibowo S.Sos Kades Bukit Lipai mengucapkan terimakasih atas pelayanan publik yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat kec batang cenaku.

“Dengan adanya ruko bumdes ini dapat menjadi Wadah untuk masyarakat bukit lipai berusaha,” katanya.

Rezita Meylani Yopi juga melakukan Penyerahan bantuan secara simbolis untuk korban kebakaran rumah dari BAZNAS Inhu dan Pemerintah Daerah, penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) Desa Bukit Lipai, penyerahan bukti setor pembayaran pajak dari Bapenda kepada Masyarakat, pemberian bibit tanaman dan pemberian cendramata untuk peserta sunat massal, terakhir peninjauan Ruko Bumdes Desa Bukit Lipai.

Setelah serangkaian kegiatan dilakukan di Desa bukit Lipai, Bupati dan rombongan bertolak ke Desa Siaga stunting Bukit Lingkar (SIBULING) dan melaunching klinik desa siaga stunting.

Rezita Meylani Yopi sangat mengapresiasi atas ide-ide dari seluruh pihak desa bukit lingkar demi menurunkan angka stunting di desa tersebut.

“Dengan adanya klinik SIBULING dapat menjadi contoh bagi desa-desa di Kab Inhu. Saya berharap klinik SIBULING dapat masuk ke suku talang. Ingat posyandu rutin setiap bulan.” ajak rezita.

Kepala Desa Bukit Lingkar Apt. Agus Suprianto, S. Farm mengatakan masalah stunting ini merupakan masalah bersama, kegiatan ini dilakukan untuk wadah dalam memecahkan masalah.

Bupati Inhu juga melakukan penyerahan secara simbolis 1.000 tanaman toga kepada masyarakat sekaligus peninjaunya tempat penanaman, penyerahan SK pedoman SIBULING dari kepala desa, pembacaan surat keputusan serta pengukuhan pengelola SIBULING, serta pembacaan komitmen SIBULING oleh salah satu anggota.

Melanjutkan perjalannya, Bupati Inhu melakukan penyerahan BLT Dana Desa (DD) Desa petaling Jaya terhitung darri bulan juli sampai agustus tahun 2023, penyerahan bantuan konsumtif miskin ekstrim dan penyerahan bantuan program bapak asuh stunting dari BAZNAS Kab. Inhu serta peninjauan tanaman kincung asri.

Harapannya, agar bantuan yang diterima oleh masyarakat dapat membantu kebutuhan pokok dirumah dan dapat digunakan sebaik-baiknya.

Disela-sela kegiatannya, Bupati Inhu juga menyempatkan diri melihat perlombaan 17 Agustus panjat pinang air di desa Petaling jaya dengan menggunakan sepeda motor atv.

Agenda terakhir, Bupati Inhu memberikan hadiah perlombaan hias tumpeng antar RW dan mini soccer di Desa Pematang Manggis. (Advedtorial)

  • Bagikan