Dampingi Menteri LHK dan Gubri, Bupati Inhu Lakukan Penanaman Pohon di Tepian Sungai Indragiri

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE didampingi oleh Wakil Bupati dan Forkompimda serta segenap pejabat dilingkungan Pemda Inhu hari, Sabtu (13/8/2022) menyambut kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nubaya yang didampingi oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar M.Si.

 

Kehadiran Menteri LHK di Kabupaten Inhu adalah dalam rangka penghijauan dan pemeliharaan bantaran sungai Indragiri agar terhindar dari resiko abrasi yang disebabkan oleh aliran sungai.

Menteri LHK dalam kesempatan ini langsung melakukan penanaman perdana didampingi oleh Bupati Rezita Meylani Yopi SE, Gubernur Riau Syamsuar dan segenap penjabat yang hadir, kegiatan ini dipusatkan di bantaran sungai di Indragiri di Dusun Teluk Erong Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat.

 

Menteri LHK dalam sambutan singkatnya menyampaikan menjaga lingkungan sangat penting termasuk daerah aliran sungai hal ini demi untuk kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

 

“Dengan penanaman ini tentu sangat berguna bagi generasi penerus kita dalam keseimbangan ekosistim” ujar Menteri LHK.

Sementara itu Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menteri LHK ke Kabupaten Inhu.

 

Dalam kesempatan ini Bupati juga menyampaikan bahwa berdasarkan penelusuran yang dilakukan di sepanjang sungai Indragiri banyak insprastruktur yang telah tergerus oleh abrasi sungai, terutama sekali jalan.

 

“Salah satu penyebabnya adalah banjir yang sering terjadi pada saat curah hujan tinggi dibagian hulu sungai indragiri yaitu Sumbar (Sumatera Barat) maka akan berdampak ke Sungai Indragiri,” terangnya.

Dijelaskannya juga bahwa ada titik yang diidentifikasi dari aliran sungai yang salah satunya adalah desa selunak yang mengalami abrasi yang cukup parah

 

 

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan kebahagiaannya dapat berkunjung di kabupaten Inhu dan memuji perkembangan kemajuan di Inhu. “Kabupaten Inhu ini, merupakan salah satu kabupaten di Indonesia perlu perhatian khusus agar masyarakat lebih sejahtera” ungkap beliau.

 

Beliau mengatakan kunjungan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat melalui kementerian lingkungan hidup dalam penanganan daerah aliran sungai Indragiri. “Hari ini saya diajak menanam pohon di teras sungai Indragiri yang dalam binaan nasional. Daerah seperti ini relatif rawan banjir dan abrasi. Oleh karena itu Saya disini bersama beberapa dirjen yang ikut akan terus berupaya bersama pemprov untuk membangun daerah di Riau, termasuk Indragiri hulu” ujar .

Pada kesempatan itu, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi mengucapkan terima kasih dan mengungkapkan kebanggaannya atas kunjungan kerja Menteri LHK RI dan Gubri ke kabupaten Inhu. Beliau berharap kedatangan Mentri bersama gubernur ini berdampak positif untuk kabupaten Indragiri hulu dan dapat memberi pencerahan kepada pemkab Inhu dalam menghadapi masalah lingkungan

 

Hadir dalam kesempatan ini Ketua LAMR Kabupaten Inhu Datuk Marwan MR, Ketua Karang Taruna Inhu Daniel Eka Perdana SH serta beberapa pengurus organisasi lainnya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, tokoh Suku Talang Mamak, para pelajar dan pengurus Partai Nasdem Kabupaten Inhu. (Advertorial Pemkab Inhu)

 

 

 

 

  • Bagikan