Anggota DPRD Dapil I “Prioritaskan Usulan Pemerintah Desa Khususnya Kecamatan Bantan”

  • Bagikan
Foto Humas : Suasana Musrembang

RIAUDETIL.COM,BANTAN – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan bersama wakil ketua Komisi I, H. Arianto, wakil ketua Komisi II, Askhori menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 Kecamatan Bantan, Selasa (4/3/20). Musrembang di Aula Serba Guna Kantor Camat Bantan itu, dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY.

Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Sofyan dalam sambutannya mengatakan, rencana kerja tahun anggaran 2021 ini diharapkan memprioritaskan usulan dari perangkat desa khususnya Kecamatan Bantan. Ia berharap para hadiri sepakat agar usulan yang disampaikan di Musrenbang menjadi skala prioritas.

Dalam kesempatan itu, Sofyan mengingatkan pihak pemerintah bahwa usulan para Kepala Desa menjadi skala prioritas Musrembang dan dalam penganggaran. “Jangan sampai ada yang tidak masuk,” harapnya.

Untuk itu, Sofyan bersama peserta Musrembang membuat formula/skema bagaimana agar porsi usulan yang disampaikan oleh pemerintah desa melalui Musrenbang ini agar tiap tahun ada porsi khusus berapa persen dalam APBD Kabupaten Bengkalis. “Dari proses Musrenbang ini, selain program-program strategis pemerintah juga usulan dari kepala desa ini harus kita kuatkan,” kata politisi PDIP tersebut.

Yang kedua, ungkap Sofyan, dari usulan yang ada ini masing-masing desa masih banyak mengusulkan tentang jalan, baik itu jalan poros maupun jalan lingkungan. Ia berharap usulan ini menjadi perhatian bersama. Yang ketiga, persoalan  jalan penghubung antar kecamatan. Sejauh ini, Pemda Bengkalis belum membangun jalan penghubung antarkecamatan yang representatif.

“Seperti Kecamatan Bantan dan Bengkalis, Jalan Penebal menuju Ulu Pulau yang belum representatif,” ujarnya.
Masalah ini sudah disampaikan kepada Bupati ketika di acara MTQ di Desa Ulu Pulau. Ia berharap jalan penghubung tersebut emnjadi skala prioritas di Musrenbang 2021. Jalan ini memudahkan akses masyarakat di Bantan Air menuju Muntai.
Pada kesempatan itu, Sofyan menekankan, agar ada sinergitas antara usulan desa dengan usulan program-program strategis Kabupaten. Hadir dalam acara itu, Danramil Bengkalis, Kadis PMD, H Yuhelmi, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Desa se Kecamatan Bantan. (humas Setwan/Rudi )
  • Bagikan