Tidak Miliki Dokumen Lengkap,TNI-AL Amankan Kapal Pembawa Sembako

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,DUMAI – Kapal patroli PAT. II. 1.43/MDN jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai menangkap KM Teluk Raja Sejahtera Jaya GT. 23 yang membawa barang berupa garam, indomie dan barang campuran di Perairan Selat Bengkalis, Riau. Sabtu (19/8).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino mengatakan,”Kapal kayu muatan kurang lebih 24 ton tersebut dengan nakhoda sdr Wira Andika serta 3 orang Anak Buah Kapal (ABK) dengan kepemilikan atas nama Junaidi berlayar dari Selat Panjang dengan tujuan Bagansiapiapi.”Ujar Danlanal.

Sambungnya lagi,”Saat melintas di Perairan Selat Bengkalis dilaksanakan pemeriksaan oleh unsur Lanal Dumai yang sedang melaksanakan patroli rutin. 

Dalam pemeriksaan kapal memiliki dokumen berupa :

1. Dokumen Kapal

a. Surat Persetujuan Berlayar (SPB), 
b. Surat ukur, 
c. Pas besar, 
d. Sertifikat keselamatan, 
e. Buku kesehatan

2. Dokumen Personil

a. Surat keterangan kecakapan nakhoda 60 mil,
b. Surat keterangan kecakapan kkm 30 mil

3. Dokumen muatan

a. surat manifest barang muatan,

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam diketahui kapal tidak dilengkapi dokumen kapal berupa Sertifikat perangkat radio,dengan dugaan melanggar pasal 307 jo pasal 131 ayat 2 yaitu tidak dilengkapi sertifikat perangkat komunikasi radio subsider pasal 310 jo pasal 135 yaitu mempekerjakan ABK tidak sesuai dengan semestinya.”Ungkapnya.

“Sehingga oleh personel patroli Lanal Dumai KM Teluk Raya Sejahtera Jaya dikawal menuju Pos Angkatan Laut Sungai Dumai untuk proses penyidikan lebih lanjut, jika ada tindak pidana lain akan diserahkan ke pihak yang berwenang,”Tegas Danlanal mengakhiri.[12 1 0]

  • Bagikan