4 Orang Hafiz dan Hafizah Dari Inhu Mengikuti Wisuda di Kampar

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT -Sebanyak 4 orang yang tediri dari 2 Hafiz dan 2 Hafizah dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengikuti wisuda Ke-30 Ma’had Tafaqquh Karantina Tahfizh Qur’an Nasional Cabang Riau, yang berlangsung di Dusun Kapau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Riau, Minggu (12/12/2021).

Adapun 4 orang tersebut, 1 Hafiz dan 2 Hafizah dibiayai oleh Yayasan Indragiri Hulu Bersatu dan 1 Hafiz merupakan Jemaah dari Mesjid Nurul Huda Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Atas Nama Muhammad Ichson Atlis.

Ma’had Tafaqquh Nasional Cabang Riau sendiri merupakan Program Karantina Tahfizh Qur’an 35 hari yang diikuti oleh masyarakat Riau, dimana para peserta menghafal Al Qur’an 30 Jus dan menyetor kepada Pembimbing.

“Untuk wisuda kali ini telah memasuki angkatan ke-30 dan telah dibuka kembali pendaftaran untuk angkatan ke -31,” kata Dr. Musthafa Umar Lc. MA Pembina Karantina Tahfizh Qur’an.

Disampaikannya bahwa untuk angkatan ke-30 ini merupakan program pertama yang menggunakan metode perhalaman, dengan target 1 hari satu juz, peserta akan menyetorkan hafalan perhalaman setelah itu baru disetor secara keseluruhan.

Musthafa Umar juga menyampaikan Kedepan akan ada progam Mutqin Al Qur’an untuk memperdalam hafalan, dimana dalam 1 bulan peserta akan menyetorkan hafalan 10 Juz, dan 3 bulan selesai 30 Juz, kemudian peserta akan dibekali bahasa Arab dan Ilmu Kandungan Al Qur’an.

“Kedepan, anak-anak bukan hanya mengetahui hafalannya, tapi juga memahami Ilmu Kandungan Al Qur’an nya” sebut Musthafa Umar.

Musthafa Umar juga menyebutkan bahwa akan membuat program dimana anak-anak yang tamat setingkat SLTP sudah hafal 30 Juz, dan setingkat SLTA akan dikuatkan hafalannya sehingga menguasai Al Qur’an didalam dada tidak lagi membuka Mushab.

“Setingkat perguruan tinggi akan dibuka program untuk mengkaji Al Qur’an dan meneliti Al Qur’an sesuai dengan kecendrungan minat masing-masing,” ujarnya.(man)

  • Bagikan