Bupati Resmikan SPKLU Pertama di Inhu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE meresmikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang pertama di Kabupaten Inhu, Kamis (28/3/2024) di halaman Kantor PLN UP3 Rengat Jalan Lintas Timur Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat.

Hadir dalam kesempatan ini General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau Parulian Noviandri, Manager PT PLN (Persero) UP3 Rengat Suharno, Perwakilan Forkompimda, Kepala OPD, Pimpinan BUMD dan BUMD serta undangan lainnya.

Manager PLN UP3 Rengat Suharno dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin yang telah meringankan langkah dan menyempatkan waktu untuk hadir dalam acara peresmian SPKLU ini.

“Ini merupakan SPKKU Pertama di Kabupaten Inhu dan kita siap untuk meresmikan SPKLU – SPKLU lainnya di Inhu,” katanya.

Hal ini tentu saja dapat terjadi karena dukungan pemerintah daerah dan masyarakat, jika terjadi peningkatan penggunaan kendaraan listrik tentu saja mau tidak mau kita akan membangun SPKLU berikutnya.

Dalam sambutannya sebelum meresmikan SPKLU, Bupati Inhu menyampaikan bahwa sejak diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor : 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Berbasis Baterai, secara jelas ini juga menjadi bentuk ajakan kepada seluruh masyarakat untuk beralih pada penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

“Penggunaan kendaraan listrik diharapkan menjadi salah satu solusi atas isu pencemaran lingkungan yang disebabkan emisi karbon kendaraan yang menyebabkan pencemaran udara,” paparnya.

Namun, lanjut Bupati, memang harus kita akui bahwa perkembangan populasi terhadap penggunaan kendaraan listrik di masyarakat masih belum sesuai harapan, sebab untuk merubah paradigma masyarakat menjadi tantangan dan perlu edukasi yang dilakukan secara berkelanjutan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, hadirnya SPKLU ini selain dapat semakin berkembang juga sekaligus dapat menjadi pembuka aksesibilitas yang lebih luas bagi masyarakat untuk mulai mempertimbangkan penggunaan kendaraan listrik sebagai moda transportasi dimasa depan yang ramah terhadap lingkungan.

“Melalui momentum yang penuh rasa syukur ini, saya ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada keluarga besar PT. PLN UP3 Rengat yang terus bersama Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat Kabupaten Inhu,” ungkapnya.

Sepanjang perjalanan dalam membangun daerah, khususnya kabupaten Inhu yang kita cintai ini, PLN UP3 Rengat telah turut menjadi mitra bagi pemerintah daerah dalam mendukung dan berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan pembangunan terutama di sektor kelistrikan.

“Kita juga sudah dapat melihat dan merasakan sendiri, desa-desa yang dahulunya belum teraliri listrik atau masih menikmati listrik secara terbatas saat ini sudah dapat merasakan listrik yang bersumber dari PLN selama 24 Jam,” terangnya. (man)

  • Bagikan