Bupati Yopi Resmikan Vihara Dharma Manggala Belilas

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Vihara Dharma Manggala Belilas Kecamatan Siberida Kebupaten Indragiri Hulu (Inhu) didirikan pada 13 April 2013 yang peletakan betu pertamanya dilakukan oleh Camat Siberida dengan Proses pembangunan berlangsung 5 tahun dengan menelan anggaran sebesar 1,9 M rupiah.

“Dana pembangunan ini diperoleh. secara swadaya dari para donatur yang tidak mengikat,” kata Hermanto dalam laporannya pada acara peresmian Vihara Dharma Manggala Belilas minggu (23/7/2017)

Tujuan dibangunnya Vihara ini adalah menjadi sarana ibadah bagi umat Bhuda yang ada di Belilas Kecamatan Siberida, sebagai sarana belajar bagi anak sekolah, sebagai sarana umat Bhuda untuk lebih bisa berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Inhu H. Abdul Kadir menyatakan bahwa peresmian Vihara Dharma Manggala ini adalah sebagai bentuk
Toleransi bagi umat beragama di Kabupaten Inhu.

“Ini membuktikan bahwa kerukunan umat beragama di Inhu terjalin dengan baik, tanpa adanya gesekan-gesekan yang dapat mengganggu hubungan tesebut,” katanya.

Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE sebelum meresmikan Vihara Dharma Manggala dalam arahannya menyampaikan sejauh ini kerukunan umat beragama di Inhu sudah terjalin dengan baik.

“Hal ini terbukti sejak kepemimpinan saya sebagai Bupati tidak pernah ada gesekan-gesekan antara umat beragama, baik Bhuda, Islam, Kristen dan Protestan,” katanya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang baru terbentuk beberapa waktu yang lalu, marilah kita saling menghormati antara umat beragama yang ada di kabupaten Inhu.

“Marilah kita sama-sama saling nasehat menasehati, jangan saling hujat-menghujat yang dapat mengakibatkan terjadinya komplik beragama,” ujarnya.

Marilah sama-sama kita jaga keharmonisan hubungan antar umat beragama yang selama ini sudah terjalin dengan baik, pungkasnya.

Hadir dalam peresmian ini Ketua DPRD Inhu Miswanto SE, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE, Kapolres Inhu yang diwakili oleh Kasat Sabhara AKP Hendri S.Sos, Kapolsek Siberida SBS Tambunan, Kepala Kantor Kemenag Inhu H. Abd Kadir, para Camat, Danramil Siberida, Lurah Pangkalan Kasai, para Kepala Dinas, Kabag, Tokoh Agama, serta para undangan lainnya. (Man)

  • Bagikan