Kunjungan Khusus Idul Fitri 1445 H ke Rutan Rengat Membeludak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Begitu memasuki hari raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat, Kanwil Kemenkum HAM Riau membuka pelayanan kunjungan tatap muka khusus lebaran.

Dari catatan yang dihimpun petugas Rutan Rengat, hingga hari ke 2 Idul Fitri sudah lebih dari 1000 orang yang berkunjung ke Rutan Rengat, guna membesuk anak atau saudara mereka yang tengah menjalani masa hukuman.

Pelayanan kunjungan khusus lebaran tersebut, merupakan langkah positif pihak Rutan Rengat untuk memberikan semangat dan kehangatan kepada warga binaan bersama keluarga mereka.

Dikatakannya, meski tengah menjalani masa hukuman, namun mereka tetap sebagai insan yang memiliki kebutuhan emosional dan spiritual. Khususnya saat momen hari raya seperti saat ini.

“Oleh karena itu, kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka,” kata Kepala Rutan Rengat, Julius Barus, kepada wartawan di kantornya, Kamis (11/4/2024).

Dikatakan Julius Barus, kunjungan khusus lebaran ini telah dibuka pihak Rutan sejak hari pertama Idul Fitri. Dan pada hari kedua ini, jumlah kunjungan cukup membeludak.

“Di hari kedua ini, jumlah kunjungan mengalami lonjakan, sehingga kami memberlakukan dua sesi waktu kunjungan. Sesi pertama dibuka pukul 08.00 hingga 13.00 WIB dan dilanjutkan pukul 14.00 hingga 17.00 WIB,” sebutnya.

Dituturkan Julius Barus, guna menjaga keamanan selama kunjungan berlangsung pihak Rutan Rengat juga meminta bantuan personil keamanan dari Polsek Rengat Barat dan Koramil 01 Rengat.

“Kunjungan khusus lebaran ini akan kita buka selama tiga hari, hingga Jumat (12/4/2024). Dan bahkan pada hari kedua ini, Kapolsek Rengat Barat, AKP Buha Siahaan, langsung turun ke Rutan Rengat guna memastikan situasi keamanan, sekaligus memantau kinerja personil yang diperbantukan membantu pengamanan,” bebernya.

Tidak hanya itu sambungnya, Kapolsek juga menyempatkan diri meninjau langsung jalannya kunjungan mulai dari alur masuk, situasi selama kunjungan, hingga masyarakat keluar selesai melaksanakan kunjungan.

“Atas nama Kepala Rutan Rengat dan jajaran, saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan bantuan personil yang diberikan Kapolsek Rengat Barat terhadap Rutan Rengat, sehingga proses kunjungan tatap muka warga binaan berjalan aman dan lancar, tanpa kendala yang berarti,” tutup lulusan Magister Ilmu Hukum Sumatera Utara itu. (man)

  • Bagikan