Masyarakat Desa Lirik Area Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Lele

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bahagia Desa Lirik Area Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar pelatihan budidaya ikan lele yang dimulai Sabtu (25/9/2021) akhir pekan kemarin.

“Pelatihan ini diikuti sekitar 35 orang masyarakat Desa Lirik Area hingga Selasa 28 September 2021 kata Plt Kades Lirik Area Yuni S.Pd saat kepada wartawan, Rabu (28/9/2021).

Dijelaskan Yuni bahwa dana untuk pelatihan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) dan melanjutkan program kepala desa terdahulu.

Tujuan dari pelatihan budidaya ikan lele tersebut adalah untuk meningkatkan atau menbah ilmu bagaimana cara membudidayakan ikan lele dengan baik dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah dengan biaya yang sederhana pula tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Yuni berharap kepada para peserta yang mengikuti pelatihan ini supaya mengikuti dengan sungguh sungguh sehingga ilmu yang diberikan oleh narasumber bisa di dapat dan di praktek kan sehingga nantinya bisa memotivasi kepada masyarakat lain.

Sementara itu Saipul Anuar SP selaku narasumber mengatakan bahwa ia diminta oleh Kades Lirik Area untuk memberikan pelatihan budidaya ikan lele kepada masyarakatnya.

Menurut nya kolam yang ada di BUMDES Desa Lirik Area itu sangat sederhana dibuat dengan menggunakan terpal, namun penangananya jauh dari memenuhi syarat diantaranya air yang berbau dan kiambang (eceng gondok) yang banyak.

“Ternyata selama ini mereka tidak mempunyai manajemen yang baik dan belum pernah mengikuti pelatihan,” ungkapnya.

Jadi selama 4 hari ini mengikuti pelatihan ia sudah menggembleng bagaimana cara mengenali jenis dan habitat ikan lele serta bagaimana cara beternak nya,bahkan ilmu manajemen penanganan budidaya ikan lele ini serta sistim pemeliharaannya.

“Semoga nantinya para peserta pelatihan bisa menerapkan dan mempraktekan kembali ilmu yang telah di dapat sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan bisa membudidayakan ikan lele menjadi lebih berkembang,” harapnya.

Hadir pada acara penutupan pelatihan budi daya ikan lele tersebut yaitu Saipul Anuar Sp (Nara sumber), Syafrudin S.Pd (mantan kades), Sekdes beserta staf, panitia kegiatan serta para peserta pelatihan. (man)

  • Bagikan