Peringatan Isra Mi’raj Polres Inhu, Ini Pesan Kapolres Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Peringatan Isra Mi’raj 1445 H atau 2024 Masehi di Masjid Ikhsan Ar-Rahman, Mapolres Indragiri Hulu (Inhu) Polda Riau dengan mengusung tema “Hikmah Isra’ Mi’raj Menanamkan Moral Dalam Mewujudkan Polri Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai” berlangsung dengan khidmat.

Peringatan hari bersejarah bagi umat Islam tersebut dilaksanakan, Kamis 8 Februari 2024 malam, ba’da Isya, yang dihadiri langsung oleh Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya S.Ik didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Polres Inhu, Ny. Lya Dodi Wirawijaya, Wakapolres Inhu, Kompol Teddy Ardian SH, S.Ik, MH dan para Pejabat Utama (PJU) Polres Inhu lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Inhu mengatakan, Isra Mi’raj merupakan peristiwa penting yang luar biasa bagi umat Islam, dimana, dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad SAW diperjalankan oleh Allah SWT dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha dalam waktu kurang dari semalam, untuk menerima perintah menjalankan ibadah shalat lima waktu dari Allah SWT. Melalui peristiwa tersebut mengandung pelajaran bahwa manusia adalah makhluk yang sangat lemah sehingga tidak pantas untuk menyombongkan diri.

Semua yang dimiliki adalah milik Allah dan tanpa kehendak-Nya tidaklah mungkin didapatkan semua itu. Peristiwa Isra Mi’raj tidak dapat terjangkau oleh akal manusia dan hanya atas izin Allah maka hal itu dapat terjadi.

Peringatan Isra’ Mi’raj tahun 1445H atau 2023 M ini juga bertepatan dengan pelaksanaan Polri Presisi yang menitikberatkan pada perubahan mindset dan culture set anggota Polri untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Perubahan merupakan kata kunci yang harus dipegang teguh selaras dengan kehadiran Islam yang membawa perubahan nyata dari zaman jahiliyah menuju jaman yang beradab. Hal ini sesuai dengan misi yang diemban oleh Rasulullah SAW sebagaimana tercantum dalam Q.S. Al – Anbiya ayat 107 yang artinya, “Dan tidaklah kami mengutus engkau kecuali sebagai pembawa rahmat bagi semesta alam”.

Dengan demikian, maka sungguh tepat apabila dalam peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW kali ini mengambil tema “Hikmah Isra Mi’raj menanamkan moral dalam mewujudkan Polri Presisi Siap mengawal Pemilu Damai”.

“Dari tema di atas tersirat keinginan dan harapan agar peringatan Isra Mi’raj ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk mewujudkan Pemilu Damai yang sebentar lagi akan dilaksanakan ini,” katanya.

Dengan momentum itu, nantinya seluruh anggota Polri dapat mencerminkan sikap dan perilaku sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang senantiasa memegang teguh nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Bahwa inti dari peristiwa Isra’ Mi’raj ini adalah diterimanya perintah untuk melaksanakan shalat wajib 5 (lima) waktu. Shalat hendaknya jangan dianggap sebagai sebuah kewajiban semata yang dengan menjalankannya berarti akan terhindar dari dosa karena telah mengugurkan kewajiban, namun shalat harus menjadi kebutuhan, karena banyak manfaat yang dapat diraih dengan menjalankan shalat.

Banyak penghargaan dan apresiasi yang diperoleh Polri terkait dengan pelaksanaan tugas pokoknya, namun belakangan ini seringkali muncul sorotan publik yang cenderung mendiskreditkan Polri.

Berbagai kritik dan sorotan tersebut harus disikapi secara arif dan bijaksana, serta dijadikan pemacu dalam upaya penataan dan pembenahan organisasi. Jalankan tugas pengabdian dengan penuh keikhlasan dan ketulusan sehingga kita dapat menjawab semua kritik tersebut dengan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam kesempatan Kapolres mengajak hadirin sekalian untuk menjadikan momentum peringatan Isra Mi’raj ini, sebagal tonggak dalam akselerasi pembangunan moral dan akhlaq seluruh anggota Polri dan keluarganya.

Dengan demikian akan terwujud Polri yang profesional, bermoral, modern dan humanis yang melandasi setiap pelaksanaan tugasnya sebagal ibadah kepada Allah SWT.

Peringatan Isra Mi’raj di Mapolres Inhu, di isi ceramah agama dan siraman rohani dari ustadz H Ahmad Arif Ramli, M.Pdi yang dihadiri personel dan staf Polres Inhu serta pengurus Bhayangkari Cabang Polres Inhu. (man)

  • Bagikan