Polres lnhu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pilkades

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kepolisian Resor (Polres) lndragiri Hulu (lnhu)melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan TPS Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) Serentak GEL (Gelombang) III Tahun 2019 Di Kabupaten Inhu, Senin (2/11/2019) sekira pukul 08.10 WIB,

Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Polres Inhu Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Rengat, yang dipimpin oleh Pimpinan Apel Dandim 0302 Inhu Letkol ARH Hendra Roza, SIP dan Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.IK, bertindak sebagai Komandan Apel Ipda Andraleksi.

Apel diikuti oleh 1 Pleton Pama Polres Inhu, 1 Pleton Kodim 0302 Inhu, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton Sat Binmas, 1 Pleton Polsek Jajaran, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Sat Reskrim, 1 Pleton Sat Intelkam, 1 Pleton Dishub, 1 Pleton Satpol PP dan 1 Pleton Linmas.

Kapolres lnhu dalam amanatnya mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, Pilkades secara serentak Tahun 2019 ini dilaksanakan di 62 desa pada tgl 4 Desember 2019.

Dijelaskannya, Pilkades Gelombang III tahun 2019 saat sekarang sudah memasuki tahap pelaksanaan, saat ini terjadi pendistribusian logistik pilkades ke 62 desa, desa seluruh Kabupaten Inhu.

“Tahapan kampanye baru saja kita lalui alhamdulillah kita jalani dengan tertib aman dan bermartabat,” katanya.

Hal ini menandakan bahwa masyarakat kita semakin bersikap dan berprilaku dewasa serta cerdas dalam berpolitik dan tentunya tidak terlepas dari peran aktif pihak Kepolisian, TNI, serta pihak terkait lainnya, sambungnya.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya atas nama Kapolres Inhu menyampaikan ucapan terima kasih dan kita semua berharap agar kondisi aman tertib ini berlangsung sampai akhir proses Pilkades selesai,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikannya, beberapa hal yang perlu kita cermati bersama atas potensi kerawanan pelaksanakan Pilkades Tahun 2019 yang tinggal beberapa hari lagi yakni mobilitas politik atas nama Etnik, Agama, Daerah dan Darah.

“Konflik yang bersumber pada kampanye Negatif (Black Campaign) pada hari tenang, konflik yang bersumber pada premanisme politik dan pemaksaan kehendak, konflik yang bersumber dari manipulasi suara dan konflik yang bersumber kecurangan perhitungan suara,” papar Kapolres.

Dirinya yakin hal ini dapat diatasi bersama, dengan semangat serta keinginan kita bersama untuk menciptakan Pilkades Tahun 2019 yang aman, tertib, jujur dan adil serta berkualitas.

Dalam kesempatan itu Kapolres menekankan 4 (Empat) hal pertama agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa serta memohon ridhonya agar pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak Gelombang III tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses dan berkualitas.

Kedua, kenali wilayah tugas Masing-masing, dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.

Ketiga, laporkan diri saudara sebelum ke TPS kepada Kapolsek, Kepala Desa/Lurah, KPPS, Linmas dan unsur lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan pemungutan suara Pilkades serentak Gelombang III tahun 2019 dan lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh Stake Holder.

Keempat, menjaga dan memegang teguh komitmen netralitas dalam pilkades serentak Gelombang III tahun 2019. (Man)

  • Bagikan