Canggih Trigunawan Minta Kasi Pencetakan KK dan KTP Disduk Capil Kampar Dicpot

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,KAMPAR-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Kampar disinyalir menyediakan jalur khusus bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan.

Loket pendaftaran pengurusan administrasi kependudukan yang telah disediakan terkesan tiada fungsi bagi sekelompok masyarakat tertentu.

Pasalnya, pantauan awak media di ruangan pencetakan KK dan KTP di Disdukcapil Kampar, Kamis (20/7/2017), sekelompok masyarakat tertentu bebas lalu lalang dan membawa dokumen administrasi kependudukan yang hendak diurusnya.

Anehnya, sekelompok masyarakat tertentu tersebut berhasil keluar dengan membawa administrasi kependudukan yang telah selesai diurusnya dari ruangan pencetakan KK dan KTP tersebut, diduga jalur khusus dengan ‘syarat dan ketentuan berlaku’ disediakan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kampar.

Menyikapi fenomena dugaan jalur khusus di disdukcapil Kampar ini, Ketua GWI (Gabungan Wartawan Indonesia) kabupaten Kampar, Unandra M. Saleh meminta Satgas Saber Pungli yang baru saja dikukuhkan oleh Bupati Kampar untuk lebih meningkatkan pengawasan di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar.

“Dengan fenomena bebasnya masuk masyarakat tertentu di ruangan Pencetakan KK dan KTP, dikhawatirkan menjadi ajang pungli, untuk itu diharapkan Satgas Saber Pungli Kampar bersiaga di sekitar Discukcapil tersebut,” pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Canggih Trigunawan Hakim, Pemimpin Redaksi Media online Berseripos.co.id.

Dikatakan Canggih panggilan akrabnya, bahwa dirinya menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri beberapa orang masyarakat masuk ke ruangan pencetakan KK dan KTP sembari membawa dokumen yang akan diurus, dan selanjutnya keluar dengan membawa berkas administrasi kependudukan yang telah selesai dicetak.

Lebih lanjut Pemimpin Redaksi yang masih muda ini menuturkan, sudah saatnya Disdukcapil Kampar berbenah, baik dari segi SDM pemangku jabatan maupun pelayanannya.

“Kalau boleh saya meminta, jabatan Kasi Pencetakan KK dan KTP ini dievaluasi kembali, kalau perlu copot Kasi Pencetakan KK dan KTP tersebut,” tegasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Kadisdukcapil Kampar belum dapat dikonfirmasi, dikarenakan Kadisdukcapil sedang tidak berada ditempat.[12 1 0]

  • Bagikan