Pulihkan Pasokan Listrik Natuna, PLN Tambah Lagi Kapasitas Mesin Pembangkit

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, NATUNA – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR) bergerak cepat mengamankan pasokan listrik di Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (27/7/2023).

Sebelumnya, pembangkit listrik Natuna mengalami gangguan yang mengakibatkan sebagian pelanggan PLN mengalami pemadaman pada Rabu (26/7), namun kini secara bertahap PLN melakukan pemulihan kelistrikan sehingga pasokan listrik kembali di nikmati masyarakat.

General Manager PLN UIDRKR, Agung Murdifi, menjelaskan pihaknya langsung menurunkan tim untuk pemulihan dan bekerja secara terus menerus dengan sistem piket, untuk segera menyelesaikan perbaikan. Selain itu, PLN juga menambah kapasitas pembangkit dengan mendatangkan mesin dari unit PLN terdekat.

“Puluhan petugas dengan peralatan lengkap diturunkan untuk segera mengupayakan pemulihan sistem kelistrikan Natuna. Hasilnya, secara bertahap pasokan listrik yang sempat terdampak akibat gangguan mulai pulih,” jelas Agung.

Hingga saat ini Kamis (27/7/2023), PLN juga telah berhasil mengoperasikan tambahan mesin pembangkit sehingga kekurangan daya listrik berhasil diturunkan.

PLN juga melakukan relokasi mesin pembangkit dari unit PLN terdekat untuk penguatan sistem kelistrikan Natuna, sehingga selain bisa segera pulih 100 persen, kondisi sistem menjadi semakin andal.

“Kami sedang melakukan proses relokasi untuk tambahan mesin pembangkit dari PLN Batam dengan kapasitas sebesar 1.000 kW yang saat ini masih dalam proses persiapan pengiriman,” tambah Agung

Sebelumnya pada tanggal 25 Juni 2023, PLN telah melakukan relokasi mesin dari Palembang dengan kapasitas 3×320 kW untuk memperkuat sistem Natuna. PLN juga merencanakan penambahan pembangkit lagi dengan kapasitas 4.000 kW yang ditargetkan tuntas pada bulan akhir 2023. (man)

 

  • Bagikan