Kembangkan Varietas Biji, Kelompok Tani Beken Jaya Kembali Gelar Panen Raya Bawang Merah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,TELUK KUANTAN – Kelompok tani Beken Jaya, desa Benai Kecil, Kecamatan Benai menggelar acara Shallot Day (hari bawang) dan panen raya bawang merah, Senin (17/2/2020).

Hadir di acara  tersebut, Sekdakab Kuansing, Dianto Mampanini, Kepala Dinas Pertanian Riau Ir Herman Mahmud, perwakilan PT Ewindo Cap Panah Merah Hendra Cipta Sidabutar, dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Kuansing, Camat Benai serta Kades se Kecamatan Benai.

Ketua Kelompok Tani Beken Jaya, Yunisman dalam laporannya mengatakan, kegiatan penanaman bawang merah dari varietas biji ini anggarannya dari dana desa sebesar Rp153 juta untuk satu hektare lahan.

“Benihnya varietas Lokananta atau unggulan. Kita juga mendapat dukungan dari PT Ewindo Cap Panah Merah sebagai mitra kelompok tani Beken Jaya,” kata Yunisman.

Yunisman menjelaskan, bahwa pengembangan komoditas bawang merah ini sudah mereka rintis sejak 2016 lalu.

Untuk itu pihaknya mengharapkan dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah agar dapat memberikan dukungan penuh kepada kelompok tani.

Sementara itu, perwakilan dari PT Ewindo Cap Panah Merah, Hendra Cipta Sidabutar dan Ririn menjelaskan jika bawang merah Varietas Biji ini merupakan yang terbaru. Kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan Varietas umbi.

Untuk hasil produksi dengan Varietas Biji ini, estimasinya 19-26 ton per hektarnya.

Sebagai mitra kelompok tani Beken Jaya, PT Ewindo Cap Panah Merah komitmen untuk terus men-suport  seperti dalam hal pendampingan.

Kemudian Sekda Kuansing, Dianto Mampanini dalam sambutannya mengapresiasi penanaman bawang merah oleh Kelompok Tani Beken Jaya Benai Kecil ini.

“Kita dalam hal ini pemerintah sangat mengapresiasi Kelompok Tani Beken Jaya yang telah berhasil mengembangkan komoditi bawang merah ini,” ujarnya.

Begitu juga halnya dari pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini diwakili kadis Pertanian Riau, Herman Mahmud yang siap memberikan dukungan penuh untuk menjadikan Kuansing sebagai Sentra bawang merah di Provinsi Riau.(mcr)

  • Bagikan