Melalui FGD, BPS Meranti Wujudkan Data Yang Berkualitas

  • Bagikan
Foto : Istimewa

Kepulauan Meranti – Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Meranti melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Data Publikasi Kabupaten Kepulauan Meranti dalam angka satu data Indonesia dan statistik sektoral di Gedung Hijau Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak Selatpanjang. Kamis (21/09/23) pagi.

Statistisi Ahli Madya BPS Prov Riau Fitri Haryanti, mengatakan bahwa pihak OPD yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat menyadari bahwa betapa pentingnya data yang dihasilkan oleh masing masing OPD sebagai pelaku statistik sektoral.

“Didalam BPS ada yang namanya evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral, dimana nantinya akan dilihat sejauh mana statistik sektoral yang sudah diselenggarakan oleh pemerintah daerah secara keseluruhan,” tutur Fitri.

Menurutnya, data adalah suatu hal yang sangat penting dalam pembangunan suatu daerah. Dan kemampuan di masing OPD dalam menyajikan data statistik sektoral itu menjadi kunci utama dalam pembangunan.

Sementara itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti H.Asmar yang diwakili Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti Sudandri, dalam sambutannya mengatakan program Nasional Satu Data Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden RI, merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi Pusat dan Instansi Daerah.

Penyelenggaraan kegiatan ini saling terhubung dan berkesinambungan satu sama lain, serta merupakan suatu rangkaian ekosistem yang tidak dapat dipisahkan pada masing-masing tingkatan pemerintahan.

Tentu saja, ini merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi Pusat dan Instansi Daerah.

“Hal besar ini akan dapat kita capai dengan sebuah prasyarat yakni adanya kesadaran dan komitmen diantara seluruh stakeholders,” harap Sudandri.

Dirinya juga mengharapkan kepada Bappedalitbang dan Diskominfotik Pemkab Kepulauan Meranti untuk dapat terus bekerja keras, saling bersinergi dan berkolaborasi, dalam rangka mengimplementasikan penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Kepulauan Meranti guna Mewujudkan Tata Kelola Data yang Berkualitas, sehingga dengan data yang dihasilkan dan dikelola tersebut, mampu menjadi dasar pijakan dan bahan pertimbangan.

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini, saya berharap dapat meneguhkan komitmen kita bersama, sebagai bentuk wujud nyata dukungan implementasi Satu Data Indonesia di Kabupaten Kepulauan Meranti,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Fadhil Akbar
  • Bagikan