AS-Datech UIN Suska Jadi Most Inspiring Team Pada Gemastik 9

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – AS-Datech, satu-satunya tim yang berasal dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Prodi Sistem Informasi, berhasil menorehkan prestasi gemilang beberapa waktu lalu. Mereka yang mewakili Perguruan Tinggi Kementerian Agama (Kemenag), memperoleh gelar kandidat Most Inspiring Team, dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 9 Tahun 2016.

Gelar non-kategori tersebut diberikan kepada tim AS-Datech sebagai kandidat yang dapat menginspirasi 37 tim lain yang masuk sebagai finalis di Gemastik 9 yang berlangsung selama 3 hari tanggal 27-30 Oktober 2016 lalu. Gelar tersebut diberikan sebagai apresiasi dewan juri kepada tim atas keberhasilan, keunggulan dan prestasi lain yang ditonjolkan selama mengikuti kegiatan dan perlombaan.

Menurut salah satu juri dari Kategori Data Mining, Dr Yaya Heryadi MSc dari Universitas Bina Nusantara (Binus) keberhasilan ini dicapai dengan beberapa aspek penilaian eksternal. Ada beberapa kriteria penilaian yang dinilai untuk menentukan predikat sebagai Most Inspiring Team”.

AS-Datech yang terdiri dari Aszani dan Sari Devia Agustina yang berasal dari Tim Puzzle Research Data Technology (Predatech) UIN Suska Riau mendapat sambutan dan apresiasi yang sangat luar biasa dari tim lainnya serta dari undangan yang hadir pada penutupan Gemastik 9.

Dalam kesempatan itu, salah satu Juri kategori Data Mining juga memberikan apresiasi kepada pembimbing dari UIN Suska Riau, Mustakim ST MKom. Dr Yaya mengatakan bahwa tim AS-Datech memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dapat berkembang dalam grup Riset yang berada di UIN Suska.

Kategori Data Mining merupakan sebuah kategori perlombaan yang masih dibilang muda dalam Gemastik. Capaian yang diperoleh dari tim AS-Datech dalam kategori ini dikatakan memiliki pesaing yang luar biasa seperti ITB, UI, IPB, ITS dan Perguruan Tinggi Lain, namun baru sekali mengikuti pagelaran Gemastik, tim yang berasal dari UIN Suska Riau sudah mendapat predikat Most Inspiring Team.

Mustakim sebagai Pembimbing dari Predatech UIN Suska Riau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua dukungan yang diberikan oleh pihak UIN Suska Riau, teruma Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Dr Hartono MPd.

“Ucapan terima kasih kepada Bapak Dekan FST yang selalu memberikan motivasi dan dorongan serta gebrakannya dalam mewujudkan FST menjadi pilar terdepan di UIN Suska ini,” ungkapnya.

Keberhasilan ini, lanjutnya, baru dimulai kepada tim AS-Datech dan yang lainnya. Ini merupakan pintu gerbang yang baru terbuka, kedepannya jangan mudah puas dan harus terus belajar dan belajar. “Untuk selanjutnya di Gemastik 10, setidaknya kita bawa medali pulang ke UIN Suska Riau,” pungkasnya lebih lanjut.

Perolehan dari kandidat Most Inspiring Team diberikan kepada tim yang menyabet gelar non-kategori ini dianugerahi hadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000 serta masing-masing mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. (KRN2/Rls)

  • Bagikan