Pemko Pekanbaru Siapkan Dana Rp65 Juta untuk Sertifikasi 20 Persil Lahan

  • Bagikan

RIAIDETIL.COM,PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyiapkan anggaran sebesar Rp65 juta untuk sertifikasi aset lahan. Ditargetkan, tahun ini ada 20 persil lahan yang akan disertifikasikan.

“Besaran biaya sertifikasi lebih kurang Rp 65 juta di DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran),” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Syoffaizal, Rabu (19/2/2020).

Kata dia, angka itu merupakan hasil koordinasi dengan Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru. Pemko melakukan sertifikasi lahan untuk pengamanan aset.

“Sisanya untuk biaya jasa konsultan, pemasangan patok, pembuatan plang nama dan biaya ATK, cetak dan makan minum kegiatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru, Dedi Gusriadi mengatakan, sertifikasi yang dilakukan sejalan dengan saran yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sejak tahun 2018 lalu, Pemko sudah lakukan sertifikasi lahan. Pada tahun 2019, ada sekitar 12 persil yang sudah bersertifikat. Tahun ini, ada 20 persil yang bakal disertifikasi.

“Kita sudah sepakat dengan BPKAD anggaran untuk mensertifikasi aset-aset Pemko setiap tahunnya kita tambah,” kata Dedi Gusriadi.

Diakuinya, banyak aset lahan milik Pemko Pekanbaru yang belum bersertifikat. “Aset Pemko banyak yang belum bersertifikat. Saran dari BPK dan KPK supaya aset pemerintah diseluruh Indonesia cepat disertifikasikan,” kata Dedi.***(mcr)

  • Bagikan