UPT. KPH Tasik Besar Serkap DLHK Provinsi Riau Tampil Dalam Pameran Riau Expo 2019

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – UPT. KPH Tasik Besar Serkap Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pameran Riau Expo Provinsi Riau Tahun 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau dalam rangka HUT Provinsi Riau ke -62.

Event tahunan Riau Expo 2019 yang dibuka oleh Gubernur Riau Drs. Syamsuar M.Si ini digelar selama lima hari, mulai 31 Agustus hingga 4 September 2019 di kawasan Purna MTQ Riau ini.

Kegiatan ini melibatkan Pemerintahan Daerah, Kementerian, Dunia Usaha, Pendidikan, serta UMKM dengan mengusung tema ” Industri Digital 4.0.”

Dalam Pameran Riau Expo 2019 ini, UPT. KPH Tasik Besar Serkap Dinas LHK Provinsi Riau menampilkan berbagai produk binaan dan mitra UPT. KPH Tasik Besar Serkap dari para Kelompok Tani Hutan.

Produk yang dipamerkan diantaranya Beras dan Kopi Robusta yang dihasilkan Kelompok Tani Tumu Desa Sei Upih Kecamatan Kuala Kampar- Pelalawan.

Produk permen jelly nenas dan semangka serta kain batik semangka yang diproduksi oleh Kelompok Tani (Poktan) Cemerlang dari Desa Dayun, Kabupaten Siak.

Produk lainnya yang dipamerkan oleh UPT. KPH Tasik Besar Serkap Dinas LHK Provinsi Riau yakni Lebah Madu Sialang dan Lebah Kelutut dari Kelompok Tani Hutan Taruna Jaya Desa Benteng Hilir Kabupaten Siak.

Selain produk kerajinan Kain Batik Semangka, UPT. KPH Tasik Besar Serkap juga menampilkan Ayaman Pandan dari Kelompok Tani Bina Cinta Alam Maju dari Desa Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit Kebupaten Siak.

Kapala UPT. KPH Tasik Besar Serkap Dinas LHK Provinsi Riau M. Genta Soerianto SH.MH mengatakan, Keikutsertaan UPT. KPH Tasik Besar Serkap dalam Pameran Riau Expo 2019 ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang berbagai macam produk olahan hasil hutan bukan kayu yang bernilai ekonomis.

“Dan juga hasil budidaya lainnya yang diproduksi oleh para Poktan binaan dan mitra dari UPT. KPH Tasik Besar Serkap Dinas LHK Provinsi Riau,” katanya.

Menurut Genta Soerianto, dalam upaya mendukung arah kebijakan pembangunan kehutanan di Indonesia yang menitikberatkan kepada peningkatan peran serta masyarakat.

“Berbagai program kehutanan berbasis masyarakat terus gencar dilakukan UPT. KPH Tasik Besar Serkap,” terangnya.

Salah satu program tersebut termasuk melibatkan masyarakat desa dalam upaya pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) diantaranya produk-produk yang dipamerkan UPT. KPH Tasik Besar Serkap dalam Riau Expo 2019 ini.

Genta Soerianto berharap hasil produk para kelompok tani binaaan UPT. KPH Tasik Besar Serkap ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan sehingga dapat pula meningkatkan pendapatan masyarakat yang berujung berkurangnya aktifitas masyarakat dalam perambahan hutan.

“Sehingga Visi KPH Model Tasik Besar Serkap menjadikan pengelolaan kawasan Hutan Rawa Gambut yang unggul, produktif, ekonomis, lestari, rendah emisi, serta berbasis kemitraan masyarakat dapat tercapai,” tegasnya. (Man)

  • Bagikan