Dewan Pelalawan Minta CSR Perusahaan Harus Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Pemerintah Kabupaten Pelalawan pada Selasa (26/11/2019) kemaren menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi mitra CSR,PKBL dan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Pelalawan bertempat di aula lantai II Bappeda Pelalawan.
Dalam rapat tersebut, peran perusahaan dalam pengentasan kemiskinan menjadi topik utama selain permasalahan yang muncul akibatnya seperti kasus gizi buruk. Perusahaanpun dituntut untuk rill dengan program CSR nya mengurangi angka kemiskinan.
H. Abdullah, S.Pd Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan yang ikut menyaksikan penandatanganan MoU perusahaan di Kabupaten Pelalawan dalam mengurangi angka kemiskinan angkat bicara.
Menurutnya, CSR perusahaan sangat berperan dan potensial dalam mengurangi angka kemiskinan,karena bisa masuk keseluruh sektor seperti pertanian, perbengkelan, pelatihan, life skill, hone industri dan lain lain hingga pendampingan.
” Perannya sangat besar,karna CSR itu wajib. Ada UU dan Perda Propinsi dan Kabupaten/Kota yang mengaturnya.
Data yang dimiliki perusahaan disekitar operasionalnya biasa lebih akurat. Kalau di Pemerintah, ada beberapa sumber data yang masih perlu diseragam kan.
Mesti perlu dintentensifkan lagi koordinasi antara Pemerintah dan perusahaan yang diklaster perkecamatan dan perlu dibuat rapat koordinasi perkecamatan, ” tegasnya.
Ditambahkannya, jika perusahaan mengabaikan CSR nya maka telah melanggar Peraturan Pemerintah No 47 Tahun 2012 tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. PP ini merupakan peraturan turunan dari Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.Perda propinsi dan kabupaten/kota tentang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), paparnya.
” Masih banyak perusahaan di Kabupaten Pelalawan yang tidak hadir dalam rapat koordinasi begitu juga yang menandatangani MoU. Komitmen perusahaan dalam mengurangi kemiskinan harus rill dan tidak ngambang. Perusahaan harus bertanggung jawab dalam mensejaterakan masyarakat di sekitarnya.Kalau perusahan menjalankan programnha dengan baik dan komitmen tinggi,Saya yakin kemiskinan dapat dientaskan di Kabupaten Pelalawan, ” tukasnya. (ZoelGomes)
  • Bagikan