Legislator Sebut Ada Empat Hal Ampuh Cegah Covid 19

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Legislator Riau dari fraksi PAN, Ade Hartati Rahmad menyebutkan, paling tidak ada empat hal yang mesti dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran virus covid 19 atau corona.  Empat hal yang dimaksud adalah TAHU, MAU, MAMPU dan BELAJAR.

“TAHU maksudnya adalah mengajak semua orang untuk tahu apa yang harus dilakukan baik tentang social distancing, menaikkan stamina dan imun tubuh. Apa yang harus dilakukan untuk berbagai kondisi kesehatan, apa yang bisa dilakukan untuk saling membantu. The do’s and the dont. Transparansi dan penyebaran informasi sangat penting,” sebutnya, Minggu (22/3/2020).

Ditambahkan oleh anggota yang duduk di Komisi V DPRD Riau ini, sementara untuk MAU adalah, mengajak semua orang untuk benar-benar mau melakukan apa yang harus dilakukan karena tahu saja tidak cukup. Ini butuh dipikirkan cara masal melakukan nudge, sangsi, choice architecture dan lain-lain. Meningkatkan kepercayaan sangat penting.

Kemudian untuk MAMPU adalah bagaimana membatu agar keluarga miskin, rentan tetap bisa tercukupi kebutuhan dan mampu melakukan. Bagaimana garda terdepan petugas kesehatan tercukupi kebutuhan dalam melayani.

Sementara untuk BELAJAR adalah dengan melihat negara lain dan dari pengalaman yang lain bagaimana memastikan logistik dilakukan dengan cepat, tepat dan masif.

“Bagaimana memastikan dilakukan tes secara masif, cepat, mudah dan lancar.  Dalam memastikan kesiapan rumah sakit-rumah sakit, jumlah bed, alat kesehatan, tenaga kesahatan dan dikaitkan dengan informasi campain, sehingga orang bisa tahu kapan perlu, kemana tanpa terombang ambing ketidaktahuan dan tidak terlayani,” katanya juga. (mcr)

  • Bagikan