Pemprov Riau Terus Tingkatkan Pembangunan Berbasis Syariah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan di berbagai bidang yang berbasis syariah di samping rencana pembangunan nasional.

Penuturan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, saat menghadiri acara pengukuhan Wakil Presiden (Wapres) RI, di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Jumat (6/3/2020).

Syamsuar mengatakan, berbagai cara dilaksanakan Pemprov Riau untuk mendongkrak berkembangnya ekonomi syariah. Diantaranya, pengembangan kawasan wisata halal, pengelolaan zakat dan wakaf serta pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) syariah.

“Riau juga telah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata sebagai destinasi wisata halal, dan juga UMKM yang bergerak di industri halal,” katanya.

Dia juga menyampaikan, selain beberapa prioritas pembangunan syariah di atas, Pemprov Riau juga berencana untuk pembangunan darul quran center.

Pembangunan sarana quran center tersebut bertujuan untuk menciptakan Provinsi Riau sebagai salah satu daerah yang menjadi pusat binaan pengkajian alquran di Indonesia.

“Kita juga sedang mempersiapkan Bank Riau Kepri menuju Bank Riau Kepri Syariah sekarang dalam tahap persiapan, semua pemegang saham sudah setuju,” sebut Syamsuar.

Mantan Bupati Siak ini optimis, kedepannya Riau akan menjadi kawasan ekonomi industri halal dan juga kawasan yang melahirkan UMKM halal.

“Kita berharap agar semua terlaksana,” ucapnya. (mcr)

  • Bagikan