Kunjungi Poktan di Kampung Rawa Air, Bupati Siak: Ini Sangat Inspiratif!

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, SIAK – Sabtu, 7 Januari 2017 Bupati Siak H Syamsuar mengisi  akhir pekan bersama masyarakat dengan mengikuti kegiatan Gerak Jalan Santai. Jalan santai ini diawali di depan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Siak dan finish di depan Sport Hall Kabupaten Siak. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti .

Kemudian, Bupati Syamsuar melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi salah satu kebun warga, dan memanen hasil cabai yang ditanam di Kampung Rawang Air Putih, Kecamatan Siak.

Bupati Syamsuar mengatakan, tanaman yang tumbuh subur dari kebun di halaman sendiri ini adalah contoh baik untuk mengubah pola hidup konsumtif menjadi lebih produktif. “Ini juga kegiatan mandiri masyarakat yang sangat inspiratif sekali,” kata Bupati.

Syamsuar melanjutkan, dirinya sangat mengapresiasi hal ini, apalagi karena inisiatornya adalah anak-anak muda. Dimana mereka membuat kelompok tani (poktan) dan mengolah lahan yang ada menjadi sumber penghasilan. Bahkan di kebun ini sudah tujuh kali panen, dan terbukti bisa mendatangkan pemasukan.

“Sudah dua lokasi yang sebenarnya saya tinjau. Selain di Kampung Rawang Air Putih di Kecamatan Siak, juga ada kelompok tani di Kecamatan Sabak Auh. Menariknya, di antara anak-anak muda ini adalah mereka yang ingin menambah pemasukan secara mandiri. Ada tenaga honorer yang akhirnya memilih ikut bertani. Bahkan di Kampung Sei Tengah, ada anggota polisi yang ikut kelompok tani dengan cara menanam cabai dan mengelola kolam ikan,” cerita Syamsuar.

Hal ini menunjukkan bahwa banyak peluang usaha yang bisa dilakukan, selagi ada tekad, kreativitas, dan mau bekerja keras memanfaatkan segala potensi yang ada. Dengan demikian, paradigma di masyarakat perlahan bisa berubah. Dari yang semula hanya bergantung pada program kerja pemerintah, menjadi lebih kreatif membuat inovasi-inovasi mandiri, menciptakan lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan bersama.

“Pada usaha kreatif seperti ini, Pemkab Siak siap memberikan dukungan, demi mendorong kreativitas dan kemandirian masyarakat,” tutup Syamsuar.*** (Syarifah krn/rdc)

  • Bagikan