Kanwil Menkumham Riau Sambangi Pelalawan, Rencana Pembangunan Lapas Kembali Muncul

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Propinsi Riau pada Jum’at (23/8/2019) pagi mendatangi Kabupaten Pelalawan dan langsung melakukan pertemuan diruang kerja  Bupati Pelalawan H. M. Harris.
Kedatangan Kanwil Menkumham Riau ke Pelalawan yakni memberikan dukungan pendirian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di ibukota Pangkalan Kerinci. Selain Bupati Pelalawan yang menyambut langsung, turut hadir Baharudin,SH Wakil Ketua Komisi II DPRD Pelalawan, Zulhelmi Asisten I Setdakab Pelalawan,Kabag hukum dan dan perwakilan Bagian Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pelalawan.
Baharudin, SH usai pertemuan kepada riaudetil.com menyampaikan pad intinya pigak Kanwil Menkumham Riau memberikan dukungan agar di Kabupaten Pelalawan didirikan Lapas.
” Mereka juga meminta dukungan kepada Pemkab Pelalawan, Kejari, Polres,Pengadilan,DPRD dan lainnya.Pada intinya Pemkab melalui Bupati Pelalawan merespon pendirian lapas. Lahan seluas 2 hektar yang merupakan lahan hibah di SP 6 juga sudah dipersiapkan. Direncanakan pembangunan lapas akan berlangsubg pada tahun depan 2020 melalui anggaran dari Kemenkumham RI,” ucapnya.
Dikatakan Baharudin yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Pelalawan ini, pihaknya mendukung adanya lapas di Pangkalan Kerinci,sehingga sistem proses pidana bisa berjalan efektif dan efisien
” Coba kita lihat hari ini  mulai dari petugas LP,polisi,jaksa,hakim dan keluarga tahanan perlu bekerja keras begitu persidangan di mulai untuk hadir di persidangan di Pengandilan pangkalan kerinci.Perlu waktu 2 jam perjalan dari LP pekanbaru.Belum lagi permasalahan lapas yang ada di Riau ini yabg sudah over kapasitas.Mudahan – mudahan dengan kunjungan pak kanwil ini semoga mimpi yang lama akan terwujud,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Kejari Pelalawan, Nophy Tennophero South SH MH saat dihubungi riaudetil.com menyebutkan pihaknya langsung merespon rencana pembangunan lapas di Pangkalan Kerinci dengan langsung menyertai surat kepada Kanwil Menkumham Riau soal dukungan pendirian Lapas.
” Ya,Kita langsung respon karena diminta untuk membuat surat langsung Kita buat dan Kita serahkan ke Kanwil Menkumham Riau yang datang ke Pelalawan hari ini. Pihak Kejari Pelalawan pastinya sangat mendukubg agar pelaksanaan proses persidangan berjalan lebih efektif dan efisien dan banyak hal lainnya yang menjadi pertimbangan agar didirikannya lapas di Pangkalan Kerinci. Lahan Kita untuk lapas juga sudah ada jadi mengapa tidak, ” tukasnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan