Bupati Inhu Dampingi Gubri Penanaman Bibit dan Penebaran Bibit Ikan di Sungai Indragiri

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Dalam rangka pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE Mendampingi Gubernur Riau Syamsuar dalam kegiatan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan (Restocking) disepanjang perairan sungai Indragiri. Senin (13/12/2021).

Tujuan dari kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bergiliran ini, untuk meningkatkan indeks lingkungan hidup dan bentuk pemulihan ekosistem perairan yang ada di Provinsi Riau, guna terwujudnya Riau hijau.

kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Herman Mahmud menyebutkan sebanyak lebih kurang 160 ribu ekor bibit ikan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, dan 10.300 batang bibit pohon aren, pinang, matoa dan manggis diserahkan secara simbolis kepada kepala Desa Kotalama, Danau Baru, Redang dan Alang kepayang.

“Terimakasih kepada Bupati Inhu yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar, semoga apa yang kita upayakan terwujud demi memperbaiki kondisi perairan dan ekosistem didalamnya” jelas Herman Kades Kotalama.

Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

“Pelestarian fungsi lingkungan hidup harus dijaga keserasiannya antar berbagai usaha atau kegiatan, ini adalah upaya sadar dan berencana pengelolaan sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan berkelanjutan” jelas Rezita.

Dapat digambarkan tambah Rezita pengelolaan sumberdaya perairan untuk meningkatkan produksi tangkapan ikan, agar tingkat pendapatan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan protein hewani dari ikan dapat terwujud.

“Upaya telah dilakukan oleh pemerintah, diminta partisipasi aktif kepada masyarakat agar pelestarian kedua unsur lingkungan hidup tersebut agar mentaati peraturan yang telah ditetapkan, mempunyai rasa memiliki dan kesadaran pentingnya memelihara kelestarian lingkungan dan sumberdaya perairan di wilayah sendiri” tutup Rezita.

Dalam kesempatan ini Gubernur Provinsi Riau menyampaikan lingkungan hidup merupakan topik pembahasan akhir-akhir ini yang sering diperbincangkan. Lingkungan hidup masalah penting karena berdampak kepada perekonomian suatu daerah.

“Jika masyarakatnya tidak memperhatikan lingkungan hidup sekitarnya, maka dampaknya akan dialami masyarakat itu sendiri. Ekonominya jatuh.” ujar Syamsuar.

Program Pemerintah tentang Riau Hijau sebut Syamsuar, merupakan salah satu langkah untuk menjaga perekonomian masyarakat yang bergantung pada lingkungan hidup agar tetap bagus dan terjaga hingga masyarakat sejahtera.

Tampak juga menghadiri kegiatan tersebut Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura, ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Seri Marwan MR Beserta rombongan, Camat Rengat Barat Hendry, S.Sos , dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Inhu. (man)

  • Bagikan