Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 lnhu Lakukan Siaran Pers Lewat Telecompren

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM, RENGAT – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) melakukan siaran pers dengan cara telecompren, dalam 2 (dua) hari terakhir.
Cara ini dinilai efektif guna mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) serta menghindari berkumpul, kata Bupati lnhu H. Yopi Arianto SE selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui juru bicaranya Jawalter S M.Pd, Rabu (6/5/2020).
Seperti diketahui, salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran civid19 adalah dengan tidak berkumpul (sosial distensing), guna mengurangi kontak langsung, jelasnya.
Untuk itu, mulai Selasa (5/5/2019) kemarin kita sudah melakukan hal ini, dan ini merupakan hari kedua pelaksanaan siaran pers menggunakan sistim telecomfriend, sejauh semua berjalan lancar sesuai harapan.
Melalui sistim ini para rekan media bisa berada ditempat masing-masing, dan  perwakilan hanya menggunakan 1 user zoom saja, dan harus menggunakan nama media dan tidak nama pribadi.
“Apabila menggunakan nama pribadi tidak akan dilayani, dan kepada rekan-tekan media kita mohon dengan hormat untuk menjaga kerahasiaan dan tidak menyebar luaskan ID dan password keluar grup ini, demi menjaga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.
Lebih jauh disampikan Jawalter, berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Diskes) lnhu tanggal 5 Mei 2020, terdapat ODP kumulatif dari tanggal 22 Maret hingga 5 Mei 2020 sebanyak 408 orang dengan rincian ODP dalam pemantauan 26 orang (6,37%),  dan ODP selesai pemantauan 382 orang (93,63%).
“Untuk ODP yang diperiksa Rapid sebanyak 303 orang, dengan Hasil Rapid, negatif 302 orang, dan Positif (Reaktif) 1 orang, OTG 45 orang,” terangnya.
Sedangkan untuk kumulatif pelaku perjalanan (PP) dari tanggal 28 Maret hingga 5 Mei 2020 sebanyak 4.043 orang, dengan rincian PP dalam pemantauan 668 orang (16,52%), dan PP selesai pemantauan 3.375 orang (83,48%).
“Sedangkan total PDP 3 orang, dengan PDP masih di rawat 2 orang, PDP sehat dan pulang 1 orang, dan Positif COVID -19 (Konfirmasi ) 1 orang,” sambungnya.
Kemudian Dinas Kesehatan Inhu menyampaikan protokol kedatangan sampai rumah dari bepergian harus melakukan beberapa langkah.
Langkah tersebut adalah membuka sepatu dipintu sebelum memasuki rumah,
semprotkan disinfektan pada barang yang dibawa, buang semua benda yang tidak dibutuhkan, jangan menyentuh apapun, masuk rumah langsung cuci tangan dan kaki dengan sabun.
“Selanjutnya buka pakaian dan langsung cuci dengan detergen, Jangan langsung beristirahat, angsung mandi pakai sabun,” tegasnya.(Advertorial)
  • Bagikan