Hari Ini Kecamatan Sungai Lala Gelar Musrenbang RKPD 2021

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) beberapa hari terakhir menggelar Murenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat Kecamatan dalam rangka pemantapan pembangunan fisik.

Musrenbang hari ini yang dilaksanakan di aula kantor Camat Sungai Lala (Kamis, 04/02/2021).

Acara di hadiri oleh Bupati Inhu yang diwakili oleh Plt. Asisten Perekonomian Pembangunan H. Syahrudin, S.Sos, MT, Camat Sungai Lala Elfahri Adha, S.Sos, Kapolsek, Damramil, Plt. Kepala Bappeda Inhu H. Sukarjo dan perwakilan OPD Kabupaten Inhu.

Bupati Inhu dalam sambutannya di Kecamatan Sei Lala yang diwakili oleh Plt. Asisten Perekonomian dan pembangunan menyampaikan bahwa usulan prioritas difokuskan kepada tujuh hal.

7 hal tersebut adalah meningkatkan kualitas pendidikan, mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Alam, meningkatkan pertanian berbasis industri atau agroindustri, meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan, membangun dan menyiapkan infastruktur, dan mewujudkan stabilitas ekonomi.

Sementara itu Kecamatan Sungai Lala menyampaikan 9 Usulan prioritas yang disampaikan camat sei lala, yaitu jalan kelawat – kuala lala 800 Meter, jembatan kuala lala, jalan sungai lala – morong 4 KM, jalan pasir batu mandi – pasir kelampaian 500 Meter.

Berikutnya aspal Jalan Ki Hajar Dewantara – kelawat sepanjang 1.5 KM, aspal sungai air putih 1 KM, sarana pendidikan TK, SD dan SMP yang meliputi RKB (Ruang Kelas Belajar) dan paving block, Jalan Lingkar Kecamatan Sungai Lala sepanjang 4 KM dan jalan poros tanjung danau sepanjang 2 KM.

Selanjutnya sebanyak 28 usulan dibidang pendidikan, 11 usulan bidang kesehatan, 36 usulan bidang PUPR, 9 usulan bidang perumahan dan kawasan permukiman, 1 usulan bidang sosial, 1 usulan bidang pemberdayaan masyarakat dan desa.

Serta 3 usulan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, 1 usulan bidang perhubungan, 2 usulan bidang koperasi, dan 33 usulan dibidang pertanian dengan pagu anggaran seluruhnya sebesar Rp. 6.107.723.280.451.

Camat juga menyampaikan akan melakukan Pembangunan taman serta agro wisata yang akan menjadi sasaran pembangunan di kecamatan sei lala.

“Disini kami akan melakukan pembangunan taman – taman dan agro wisata di Kecamatan Sungai Lala, jadi masyarakat kita tidak perlu jauh-jauh lagi menikmati wisata diluar daerah” tutupnya.

Musrenbang sendiri dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, masing-masing perangkat daerah hanya mengirimkan satu orang perwakilan.

Selama kegiatan berlangsung peserta diminta menerapkan 3M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Menggunakan Masker, dan Menjaga jarak. (man)

  • Bagikan