Ini Penjelasan PLN Area Rengat Terkait Mati Lampu Pada Kamis Kemarin

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Padamnya listrik diberbagai Daerah di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada kamis (12/4/2018) kemarin disebabkan oleh berbagai faktor tekhnis dan alam.

Ini penjelasan PLN Area Rengat yang disampaikan oleh B Ilham, pada hari kamis sistim Kelistrikan PLN Area Rengat diuji dengan berbagai gangguan, katanya.

“Gangguan tersebut mulai dari gangguan tekhnis hingga gangguan yang disebabkan oleh faktor alam,” sambungnya.

Dijelaskannya bahwa pada kamis (12/4/2018) kemarin terdapat 3 (tiga) kali Black Out (Padam Total) yang terjadi.

Sementara itu, Manager PLN Area Rengat Joy Mart Sialoho pada Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMP yang dilaksanakan diruang Ki Hajar Dewantara Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Inhu menjelaskan.

Dalam kesempatan tersebut Joy Mart menyempaikan bahwa pada pukul 09.40 wib telah terjadi padam total yang diakibatkan oleh gangguan tekhnis Coupling Interkoneksi antara PLTD Kota Lama dengan PLTMG di Pasir Penyu yang lepas paralel.

“Selanjutnya pada pukul 15.38 wib terjadi petir kuat yang membawa sistim kelistrikan Rengat padam total,” katanya.

Terakhir adalah yang terjadi pada pukul 18.39 wib terjadi lagi padam total yang diakibatkan oleh gangguan tekhnis pada panel PLTD Kota Lama yang mengalami ledakan.

“Karena gangguan yang berulangkali dan fatal maka PLN memutuskan untuk tidak menyalakan listrik terlebih dahulu sebelum dilakukan pengecekan dan perbaikan pada seluruh instlasi milik PLN,” terangnya.

Pekerjaan ini memakan waktu yang cukup lama hingga akhirnya pada pukul 23.12 wib listrik pelanggan sudah dinyalakan semua.

“Atas kejadian ini kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan berharap masyarakat dapat bersabar, PLN akan terus melakukan yang terbaik untuk melistriki masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Joy juga menepis anggapan sebagian masyarakat yang nengatakan bahwa PLN Rengat Defisit Daya.

“Justru saat ini PLN Surplus Daya sebesar kurang lebih 15 MW,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa, khusus untuk pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2018 mendatang PLN menyatakan dukungan penuh demi terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Bahkan PLN Area Rengat menawarkan pemeriksaan gratis instalasi listrik milik sekolah yang akan melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Pemeriksaan gratis ini direncanakan akan dimulai pada tanggal 16 Afril 2018 mendatang, hal ini dilakukan untuk mengantisifasi kegagalan listrik saat berlangsungnya UNBK, tutupnya. (Man)

  • Bagikan