Jalan Lintas Timur di lnhu Terancam Putus

  • Bagikan
Jalan Lintas Timur yang terancam ambruk

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Salah satu titik Jalan Lintas Timur yang ada di Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) terancam putus, tepatnya yang berada di Desa Barangan, Kecamatan Rengat Barat.

Dari hasil pantauan di lokasi, salah satu Jembatan yang ada di Desa Barangan sudah mengalami penurunan, dan bahkan di sisi kiri jembatan sudah mulai retak-retak bahkan sudah mulai patah.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPRD lnhu Adila Ansori meminta kepada pihak terkait untuk mengambil tindakan terhadap kondisi ini.

“Jalan Lintas Timur merupakan urat nadi penting yang menghubungkan pulau sumatera dengan pulau jawa,” katanya jum’at (7/12/2018).

Seperti diketahui, jalan lintas timur ini adalah merupakan jalan nasional yang membentang antara Pekanbaru (Riau) hingga ke Bakauheni (Lampung).

“Selain itu jalan ini juga digunakan oleh angkutan darat untuk menuju Medan (Sumatera Utara) dan Banda Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam),” terangnya.

Dapat dibayangkan jika jalan ini ambruk atau putus, dapat dipastikan seluruh aktivitas di jalan ini akan lumpuh.

“Bukan itu saja, hal ini juga akan berpengaruh terhadap aktivitas jalan Lintas Barat menuju Sumatera Barat (Sumbar),” terangnya.

Untuk itu dirinya berharap kepada pihak terkait seperti Dinas PUPR Inhu dan Riau untuk melakukan pendataan terhadap kondisi salah satu jembatan yang ada di Jalan Lintas Timur ini.

“Karena status jalan ini jalan Nasional tentu menjadi tanggung jawab pusat untuk memperbaikinya, namun demikian tentu harus ada upaya daerah untuk menyampaikannya,’ tegas pria yang akrab disapa Ucok ini.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten lnhu lr. Yelfidar MT belum berhasil dihubungi untuk dimintai konfirmasi terkait hal ini. (Man)

  • Bagikan