Pesan Kapolres lnhu Dalam Acara Sertijab Kapolsek

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM, RENGAT -Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten lndragiri Hulu (Inhu) hari ini, Sabtu (24/8/2019)  menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab)) tiga Polsek dijajaran Polres lnhu.
Berikut pesan Kopolres lnhu AKBP Dasmin Ginting S.lk selaku lnspektur Upacara (lrup) dalam Sertijab tersebut.
Dalam kesempatan itu Kapolres menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, di sebagian wilayah Provinsi Riau saat ini terjadi bencana kabut asap yang di sebabkan oleh karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan).
“Termasuk juga di wilayah kabupaten Inhu ini, jika dibanding dengan tahun 2016, jumlah hotspot karhutla tahun 2019 ini turun, tetapi jika dibandingkan dengan tahun 2018 angka hotspot naik,” katanya.
Dari data KLHK menunjukkan peningkatan intensitas karhutla terjadi di beberapa provinsi rawan, seperti Riau, Jambi, Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan juga Sultra.
“Berdasarkan satelit terra aqua modis, enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat yaitu Riau, Sumsel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan Jambi,” lanjutnya.
Saya berpesan untuk semua personel yang terlibat dalam satgas karhutla Polres Inhu agar memprioritaskan patroli terpadu dan deteksi dini segera mungkin.
“Padamkan bila menemui ada api dan lakukan pemadaman sebelum api menjadi besar serta penegakkan hukum harus dijalankan agar memberikan efek jera bagi pelaku pembakaran,” tegasnya.
Dalam tataran operasioanl, kita juga akan menghadapi berbagai agenda nasional sebagai tahap akhir pengamanan pemilu 2019.
“Polri akan mengamankan pengucapan sumpah (janji) anggota DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, DPD RI dan DPR RI serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil pemilu tahun 2019,” paparnya.
Selanjutnya pada akhir tahun, Polri akan menyelenggarakan pengamanan hari raya natal tahun 2019 dan tahun baru 2020.
“Oleh sebab hal tersebut diatas, untuk menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, saya berpesan kepada seluruh jajaran Polres Inhu untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.
Jangan suka meng under estimate kan situasi yang tenang, segera laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polres Inhu. (Man)
  • Bagikan