Prodi Ilmu Komunikasi Univrab Beri Peningkatan Pengetahuan Cegah Covid 19 ke Masyarakat

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Mengingat penyebaran covid19 semakin mengkhawatirkan maka perlu terus- menerus dilakukan upaya Pencegahan lewat peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengindahkan protokol kesehatan. Untuk itu Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Komunikasi resiko Covid 19 dan persiapan menuju era new normal bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah hasil kerjasama Program Studi Ilmu Komunikasi Univ. Abdurrab dengan Program Studi Kedokteran Univ. Abdurrab, Forum Osis Pekanbaru, Duta Genre Pekanbaru dan Volunteer Kindness Pekanbaru. Kegiatan bakal dilakukan sebanyak 2 kali di bulan Juli 2020, yakni Jumat tgl 3 Juli 2020 di Mesjid Ar-rahman Jl. Garuda Sakti dan Jumat 10 Juli 2020 di salah satu panti asuhan di Kota Pekanbaru.

Selain penyuluhan tentang Covid 19 disampikan oleh dr. Feriandri Utomo, M. Biomed dibagi-bagikan juga APD berupa masker secara gratis kepada warga selain itu juga diberikan fasilitas cuci tangan serta bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid 19 dilingkungan RW 09 air putih.

Ketua Program studi ilmu Komunikasi, Suci Shinta Lestari, M. I. K mengatakan, pendanaan dari kegiatan ini berasal dari sumber mandiri Prodi Ilmu Komunikasi Univrab dan sebagiannya lagi merupakan hasil donasi, bantuan masyarakat yang dikumpulkan oleh Forum Osis Pekanbaru dan Volunteer Kindness sejak seminggu sebelum pelaksanaan.

” Kolaborasi ini diharapkan berkelanjutan sebagai wujud kepedulian perguruan tinggi, kelompok anak muda dan perangkat masyarakat ditengah global desease yang telah menyerang 26 negara di Dunia ini,” kata Suci yang juga merangkap sebagai Ketua tim kegiatan Pengabdian peduli covid 19, kemarin.

Diungkapkan Suci, Covid 19 fokusnya bukan hanya isu tentang penyakit tapi juga isu tentang resiko yang melekat pada sistem Sosial. Perlu strategi Komunikasi resiko berbasis kebutuhan dan kendala yang ada pada kelompok masyarakat.

” Karena wilayah Kota Pekanbaru yang sedemikian luas maka kendala Pencegahan covid 19, ada pula pada variasi budaya dan geografis, sehingga perlu kerjasama dengan kelompok masyarakat seperti Forum Osis Pekanbaru, duta genre Pekanbaru dan Volunteer Kindness untuk dapat mencapai sasaran dengan tepat. Mereka adalah opinion leaders yang dapat berkomunikasi dengan komunitasnya sehingga kampus memiliki gambaran yang komprehensif dalam mengambil langkah langkah pelaksanaan aktivitas penyuluhan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RW 09 Kelurahan Air putih Pekanbaru, Arizal SE mengucapkan terimakasih kepada pelaksanaan kegiatan yang telah melakukan upaya penyuluhan untuk memicu kesadaran masyarakat lewat peningkatan pengetahuan tentang Covid 19.

” Saya harap tidak ada lagi masyarakat yang acuh dan pasrah pada keadaan. Semua harus bangkit, membentuk sistem pencegahan Covid dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat terdekat,” ungkapnya.

Arizal juga berterima kasih atas pemberian fasilitas cuci tangan yang diperuntukkan bagi jemaah Mesjid Ar rahman yang berlokasi di Jl. Indragiri Garuda Sakti Panam Pekanbaru.

Setelah sesi diskusi dan tanya jawab acara yang dimulai setelah sholat Jumat ini kemudian ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Ust. Rizki Alwy Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab.(eza)

  • Bagikan