Ajaib, Desa yang Dulu Hilang Ditelan Pasir Muncul Lagi ke Permukaan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM  – Sebuah desa di Oman, Wadi Al-Murr, yang terkubur pasir kembali muncul ke permukaan. Kemunculannya tentu saja menarik perhatian dunia.

Desa Wadi Al-Murr ini kembali muncul ke permukaan setelah tertimbun hampir selama 30 tahun. Desa ini jaraknya sekitar 400 km barat daya Muscat, ibukota Oman.

 

dulunya warga desa terpaksa harus meninggalkan rumah mereka karena semua desa ditelan oleh pasir 30 tahun yang lalu. Mereka pun bermigrasi ke kota-kota.

Saat muncul, hanya atap dan sedikit tembok saja yang muncul ke permukaan. Namun tetap saja munculnya desa ini menggemparkan kawasan padang pasir ini.

Desa Wadi al-MuurDesa Wadi Al-Murr Foto: (dok AFP)

Wadi Al-Murr berada di dasar lembah dengan jarak 400 Km dari ibukota Muscat. Desa ini terputus dari jalan utama dan untuk mencapainya harus melewati jalan yang panjang dan juga jelek.

Bisa dibilang desa ini terisolasi dari peradaban. Susahnya jaringan listrik dan air membuat kawasan ini sangat lambat untuk berkembang.

Walau kondisinya seperti itu, tidak menghalangi mantan warga desa dan juga wisatawan untuk berkunjung ke sini. Mereka sepertinya ingin bernostalgia mengenang hari-hari dahulunya di Wadi Al-Murr.

“Orang-orang datang bernostalgia melihat bangunannya masih berdiri kokoh karena terbuat dari batu,” ungkap mantan warga desa bernama Mohammed al-Ghanbousi.

“Desa ini baru-baru ini diikutsertakan dalam wisata trekking dan juga menarik para pecinta fotografi,” tambahnya.

Desa Wadi al-MuurDesa Wadi Al-Murr Foto: (dok AFP)

Pada masa jayanya, desa ini memiliki sekitar 30 rumah dengan jumlah penduduknya 150 orang. Dan salah satu bangunan yang terlihat menonjol di sini adalah masjid.

Semenjak desa ini muncul lagi ke permukaan, orang-orang yang penasaran pun ramai berdatangan. Contohnya Rashed al-Ameri, turis yang berasal dari Sur, dia rela datang dari satu tempat yang jauhnya ratusan kilometer dengan dua temannya untuk melihat Wadi Al-Murr.

Ameri percaya jika Wadi Al-Murr bisa masuk ke dalam destinasi wisata Oman.

“Yang membuat saya kagum adalah kekuatan alam bisa menghapus seluruh desa. Dan yang lebih menakjubkan adalah bagaimana tempat ini dengan tembok-tembok tua bisa bertahan dari serangan pasir,” ujarnya.

Oman, negara yang bergantung pada minyak sedang berusaha membangun pariwisata. Mereka mencoba memanfaatkan industri pariwisatanya mulai dari pantai, hingga geografi pegunungan.

Mungkin, dengan munculnya Wadi Al-Murr dan daya tariknya yang unik, bisa masuk nantinya ke dalam daftar wisata Oman. Kita tunggu saja.***(detik.com)

  • Bagikan