Hindari Pungli dan Calo,Dewan Pelalawan Minta Disdik Wacanakan PPDB Melalui Online Tahun Depan

  • Bagikan

Pelalawan,Riaudetil.com – Masih terkait Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB),‎H.Abdullah,S.Pd politisi PKS meminta Dinas Pendidikan mewacanakan digelarnya PPDB untuk tingkat SMP terutama di Ibukota Pangkalan Kerinci dilakukan secara online. 

” Ya,guna menghindari pungutan liar serta calo,‎
S‎MP mesti online tahun depan.Penerimaan lebih akuntabel dan transparan.bisa dimulai dari Ibukota Pangkalan Kerinci dulu,” ucapnya.‎
Menurut H.Abdullah yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan ini, untuk PPDB online ‎disiapkan sekarang dengan sosialisi.Jika perlu ada praktek oleh walimurid. Sosialisasi butuh waktu lama baru bisa diterapkan tahun depan. ” Saya kira untuk Kecamatan Pangkalan Kerinci bisa,” tukasnya. 
 
Paling tidak,sambung H.Abdullah ada 3 kelebihan bila PPDB dilakukan secara Online,pertama ‎lebih efisien. Data tidak dalam bentuk map dan kertas kertas,kedua ‎lebih memudahkan. Masyarakat tidak perlu antri berjam jam hanya untuk mengambil formulir bahkan kehabisan,ketiga ‎seleksi lebih terbuka, jujur dan adil. Tingkat kepuasan masyarakat lebih tinggi‎.
 
Namun demikian,lanjut H.Abdullah,‎PPDB online tentu juga punya kekurangan seperti jaringan yang bisa terganggu, listri mati dan sebagainya. Tapi PPDB online akan selalu lebih baik daripada off line saat ini.‎
‎” Biaya tidak terlalu besar, bahkan bisa menggunakan layanan salah satu operator seluler yang menyediakan website dan server PPDB.Intinya pelaksanaan PPDB online dapat mengurangi secara signifikan masalah – masalah yang terjadi selama ini,” tutupnya. ‎(ZoelGomes) 

  • Bagikan