Pangkalan Kuras Tuan Rumah MTQ Tingkat Kabupaten Pelalawan 25 Hingga 30 juli 2017

  • Bagikan
Pangkalan Kuras,Riaudetil.com – persiapan Kecamatan Pangkalan Kuras menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Pelalawan ke – XVII pada 25 hingga 30 Juli 2017 mendatang yang akan berlangsung selama 6 hari
telah mencapai 90 persen.
Demikian disampaikan Asisten I Zulhelmi Ketua Panitia pelaksana melalui  Akmamul Hadi Kepala Bagian ‎Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Pelalawan yang juga Sekretaris Panitia Pelaksna kepada RDC,Kamis (20/7/2017).Menurutnya, cabang perlombaan dalam MTQ di Pangkalan Kuras akan tetap memperlombakan 7 cabang yakni Tilawah,Tahfidz,Khattil,Fahmil,Syarhil,Tafsir dan Menulis Makalah Al- Quran (MMQ).
” Ya ini tentunya persiapan untuk mencari bibit dari kafilah Qori dan Qori’ah yang akan diikutsertakan dalam MTQ tingkat Propinsi Riau dimana Ibukota Pekanbaru yang akan menjadi tuan rumahnya.Untuk jadwal Tingkat Propinsi masih belum dikonfirmasi biasanya pada bulan Oktober,” ujarnya.
Ditambahkan Akmamul Hadi,lokasi MTQ Pangkalan Kuras sudah ready.Sementara untuk pembuatan Astaka adalah tanggung jawab dari Dinas PU Pelalawan  pembangunannya masuk tahap finishing berikut dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
Dikatakan Akmamul Hadi,untuk jadwal Selasa 25 Juli 2017 acara dimulai dengan pawai ta’aruf dari para kafilah dimulai pukul 08.30hingga selesai.Dilanjutkan dengan pembukaan bazar,pelantikan dewan hakim dan malamnya pembukaan dengan menghadirkan Qori’ah undangan Tingkat Nasional yang telah memenangkan MTQ Tingkat Internasional di Turkey.
” Semua jadwal hingga saat ini akan dihadiri langsung oleh Bupati Pelalawan HM.Harris.Sementara untuk pawai ta’aruf akan ada penilaian yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Kabupaten Pelalawan,” ungkapnya. ‎MTQ akan dilakukan dari pagi hingga malam hari. Sementara untuk penutupan akan berlangsung pada 30 Juli malam sekaligus pengumuman pemenang,” ucapnya.
Disinggung soal pemondokan para kafilah dari 12 Kecamatan,Akmamul Hadi menyebutkan langsung dikoordinir oleh masing – masing Kecamatan. ” Laporan yang masuk untuk pemondokan kafilah sudah tidak ada masalah dan semua sudah dihandle pihak Kecamatan,” ucapnya. ‎
Dilanjutkannya,untuk Dewan Hakim sudah dilakukan koordinasi dengan pihak propinsi Riau.dimana para dewan Hakim terdiri dari perwakilan Nasional,Propinsi dan Kabupaten. ” Ya Kita berharap setiap tahun mutu dan kualitas pelaksanaan MTQ terus berjalan.Sama halnya pelaksanaan MTQ di Pangkalan Kuras mengalami peningkatan terutama dengan pelaksanaan dan bibit yang didapat lebih baik diharapkan dari pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Ke – XVI di Pangkalan Kerinci pada tahun 2016 lalu,” tutupnya. (ZoelGomes)‎

 

  • Bagikan