Disperindag Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Aman

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Selain memastikan ketersediaan beras, sidak yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) bersama Forkofimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) pada Senin (6/4/2020) juga memastikan ketersediaan bahan pokok lainnya.

Ada beberapa bahan pokok yang mulai langka di pasaran, seperti gula pasir dan dan minyak makan, bahkan harga gula pasir di pasaran saat ini mencapai Rp22 ribu perkilo gram.

Sidak ini dilakukan dalam rangka memastikan ketersediaan beras dan sembako dalam menghadapi virus corona (covid-19) yang terjadi saat ini.

Wakil Bupati lnhu H. Khairizal M.Si dalam kesempatan sidak tersebut sempat menanyakan kepada kepala Bulog Subdivre Rengat Andi Patris tentang ketersediaan bahan pokok lain seperti gula pasir dan minyak makan.

Dalam kesempatan tersebut Andi Patris mengatakan bahwa untuk beras dirinya memastikan ketersedian untuk 6 (enam) bulan ke depan aman, saat ini d gudang Bulog tersedia 300 ton beras, bahkan dalam beberapa hari kedepan beras akan datang 500 hingga 700 ton.

“Ini akan mampu memenuhi kebutuhan enam bulan kedepan,” ungkapnya.

Selanjutnya Andi Patris menyampaikan kepadada Wabup Khairizal bahwa Bulog juga siap membantu Pemda lnhu dalam mengantisipasi ketersedian gula pasir dan minyak makan.

“Meskipun Bulog tidak menyetok bahan pokok selain beras namun jika ada permintaan dari Pemda lnhu kita siapa membantu dalam penyediaan gula pasir dan minyak makan,” katanya.

Sementara itu Kepala Disperindag lnhu H.lkhmatpraja ST, MT mengatakan bahwa ketersediaan bahan pokok di pasaran saat ini masih tersedia untuk tiga bulan ke depan.

“Berdasarkan Sidak yang dilakukan di toko-toko dan agen, ketersediaan bahan pokok masih tersedia untuk tiga bulan ke depan,” ujarnya.

Terkait kelangkaan gula, dirinya menduga ada permainan ditingkat pedagang, namun demikian hal ini tidak akan bertahan lama, bahkan dirinya memastikan harga gula akan stabil seperti sediakala.

“Berdasarkan keterangan dari salah satu agen gula pasir hari ini (senin) sudah dalam perjalanan, dalam sehari dua hari ini akan masuk ke lnhu,” tegasnya.

Untuk menstabilkan harga pasar, dalam waktu dekat ini Disperindag lnhu juga akan melakukan operasi pasar, kata lkhmatpraja

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati lnhu H. Khairizal, Ketua PN lnhu Darma Indo Damanik SH, M.kn, Kapolres lnhu AKBP Efrizal S.lk, Kajari lnhu Hayin Suhikto SH, MH, Dandim 0302 lnhu Letkol Arh Hendra Roza S.lp, Sekda lnhu H. Hendrizal M.Si, Wakil Ketua ll DPRD lnhu H. Suwardi Ritonga SE.

Selain itu juga hadir Kepala Diseperindag lnhu H. Ikhmatpraja ST, MT, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) lnhu lsnidar, Kadis Sosial Nursisman, para Kabag dan Kabid di jajaran Pemkab lnhu, para Kasat di jajaran Polres lnhu, Ka Bulog Subdivre Rengat Andi Patris dan Camat Rengat Sustiono. (Advertorial)

  • Bagikan